Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

13 Penyebab Haid Tidak Teratur Lengkap Dengan Solusinya

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab masalah haid tidak teratur ya bun.

Haid tidak teratur bukan hanya akan mengganggu siklus haid, menyulitkan anda menghitung masa subur anda dan juga menyulitkan program kehamilan anda.

Tapi tahukah anda bahwa penyebab haid tidak teratur ini tidak selalu berasal dari luar, namun juga dari dalam tubuh loh =)

Yang Akan Anda Pelajari :

  • Mengapa Haid Teratur Itu Penting
  • Penyebab Haid Tidak Teratur
  • Resiko Bila Haid Anda Tidak Teratur
  • Cara Mengatasi Bila Haid Anda Tidak Teratur
  • Mitos Yang Beredar Tentang Haid

penyebab haid tidak teratur dan solusinya

Mengapa Haid Teratur Itu Penting

Haid bun, merupakan sebuah kondisi dimana tubuh anda membersihkan diri dari sisa sisa darah yang menempel dan menumpuk pada dinding rahim.

Haid ini sebenarnya bukanlah masa dimana anda berada pada masa subur.

Namun haid dapat digunakan sebagai penanda bahwa anda “masih subur” =)

Haid juga digunakan untuk menghitung masa subur anda. Inilah mengapa masa subur banyak dihitung dengan mengandalkan cara menghitung siklus haid.

Bila siklus haid anda tidak lancar dan tidak teratur, masa subur anda akan sulit ditentukan dan dihitung, dan hal ini dapat berakibat kurang berkualitasnya program hamil anda bila anda sedang melakukannya.

Karena peluang hamil akan terjadi paling besar saat anda berhubungan di masa subur, maka sangat penting bagi anda untuk mengetahui dengan pasti kapan masa subur anda dengan mengetahui dengan benar, siklus haid anda.

Disisi lain, dengan mengetahui masa subur, anda juga dapat sebaliknya mengetahui kapan masa “tidak subur anda”, sehingga anda dapat melakukan hubungan badan dengan suami, tanpa harus menggunakan alat kontrasepsi.

Ini sangat bermanfaat untuk membangun keintiman dengan suami, tanpa harus merasa takut akan hamil, bila anda memang belum melakukan program kehamilan =)

Penyebab Haid Anda Tidak Teratur

Ada banyak sebenarnya faktor yang menyebabkan haid atau menstruasi anda tidak teratur bun. Berbagai penyebab masalah kewanitaan ini bisa berasal memang dari dalam tubuh anda karena hormonal, atau dari luar.

Berikut beberapa diantaranya, penyebab haid anda tidak teratur:

Stresshttps://lh3.googleusercontent.com/-vEpn4R_fsGg/VlYsMtqV8nI/AAAAAAAAA18/F-Om_KUV4R8/s320-Ic42/wanita%252520stress.jpg

Stress bisa jadi adalah sumber masalah utama dan paling banyak diderita oleh kebanyakan ibu diluar sana, dan mungkin juga termasuk anda. 

Saat anda stress, hal ini akan langsung berakibat pada kondisi kejiwaan yang akan secara otomatis mempengaruhi produksi hormon anda.

Dan begitu hormon ini menjadi tidak terkendali karena anda stress, efeknya akan kemana-mana seperti pusing, tidak nafsu makan, depresi, sampai akhirnya mengganggu siklus haid anda.

Terlalu Gemuk atau Terlalu Kurus

Saat anda stress, ada 2 kemungkinan yang biasa terjadi. Anda akan menjadi malas makan, atau sebaliknya anda akan lebih banyak makan sebagai pelampiasan =)

Sayangnya keduanya sama sama dapat menjadi bumerang bagi anda, karena tidak makan akan menurunkan berat badan anda bahkan sampai kurus, Atau terlalu banyak makan akan menaikkan berat badan anda.

Baik terlalu kurus dan terlalu gemuk, berbagi resiko yang sama mengenai siklus haid yang tidak teratur.

Fungsi Hormon Terganggu

Menurut Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), penyebab lain dari haid yang tidak teratur adalah karena fungsi hormon yang terganggu.

Gangguan ini dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya kelelahan, pekerjaan, dan seperti disinggung di atas tadi, stress.

Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terdapat pada leher, dan mengatur sistem metabolisme dan hormon pada tubuh anda.

Saat fungsi kelenjar ini terganggu baik itu memproduksi terlalu banyak (hypertiroid) atau sebaliknya terlalu sedikit ( Hypotiroid ), keduanya sama sama akan menggangu tubuh anda termasuk siklus haid anda.

Kelainan Sistemik

Seperti disinggung pada #2, kegemukan akan meningkatkan resiko terjangkitnya penyakit degeneratif termasuk diantaranya diabetes.

Diabetes ini pada tingkat lanjut dapat mengancam nyawa.Namun pada tingkat medium atau rendah, dapat mempengaruhi sistem metabolisme dan hormonal anda juga, yang berperan pada ketidakteraturan haid anda.

PCOS ( Polycistic Ovarium Syndrom )

Sindrom ini terjadi ketika beberapa kista yang sangat kecil berkembang di dalam ovarium, dan dapat berpotensi berkembang menjadi penyakit kista.

Ovarium menghasilkan folikel yang memproduksi tingkat estrogen yang tinggi tetapi tidak pernah melepaskan sel telur, sehingga mengakibatkan haid tidak teratur.

Penggunaan Pil Kontrasepsi

Pil kontrasepsi umumnya mempengaruhi hormon untuk mengendalikan pelepasan sel telur sebagai cara mengendalikan kehamilan.

Kebanyakan alat kontrasepsi akan mengganggu siklus haid anda.

Setelah anda berhenti atau melepas alat kontrasepsi anda pun, dibutuhkan waktu sampai hormon tubuh anda hingga haid anda normal kembali.

Terlalu Aktif Berolahraga

Olah raga pada pria dapat membantu meningkatkan hormon testosteron yang sangat baik untuk keperkasaan.

Namun olah raga terlalu berat pada wanita, dapat mengganggu keseimbangan hormon pada wanita.Dianjurkan olah raga yang ringan seperti aerobik dan body language saja, yang terbukti paling efektif dan pas untuk kesehatan wanita.

Konsumsi Obat

Hampir sama seperti pil KB, konsumsi obat selama pengobatan atau penyembuhan saat sakit, juga dapat mengganggu siklus haid anda.

Hal ini karena bahan kimia yang terdapat pada obat, akan secara langsung mempengaruhi sistem syaraf pusat, yang sedikit banyak juga mempengaruhi hormon pengendali haid anda.

Hamil

Jika haid anda tidak teratur atau bahkan berhenti, coba cek dengan testpack anda karena bisa jadi anda sedang hamil =)

Saat anda hamil, maka sistem syaraf pengendali hormon akan menginstruksikan untuk menghentikan / mengurangi produksi hormon yang memerintahkan pematangan sel telur, sehingga haid tidak akan terjadi.

Menyusui

Sama dengan hamil, saat menyusui, tubuh anda akan bereaksi secara alami dan mempersiapkan diri secara alami untuk menyediakan nutrisi kepada bayi anda lewat air susu.

Dan produksi air susu ini pada awal awal akan mempengaruhi siklus haid anda.

Pra Menopause

Ini adalah kondisi transisi antara usia produktif ke usia non produktif. Pada saat ini, menstruasi menjadi tidak teratur, kadang banyak, kadang sedikit, kadang juga lama atau pendek.

Kondisi transisi ini berbeda waktunya pada setiap orang, namun biasanya terjadi pada usia 35 – 40 tahun.

Salah Hitung

Siklus haid normal, umumnya adalah 28 hari. Jadi Sebenarnya bila tanggal haid anda selalu berbeda pada setiap bulan, maka itu adalah hal yang wajar =)

Misalkan anda haid tanggal 1 November, maka bila siklus haid anda 28 hari, anda akan haid lagi tanggal 29.Bukan harus tanggal 1 Desember bulan depannya lagi =)

Hal ini juga berlaku untuk siklus haid yang panjang atau pendek. Siklus haid yang masih normal dan wajar, adalah berkisar antara 25 hari – 35 hari.

salah menghitung siklus haid
Resiko Bila Haid Anda Tidak Teratur

Ada beberapa resiko yang dapat terjadi saat siklus haid anda tidak teratur. Namun bila berkaitan dengan program hamil anda, tentunya adalah sulitnya menentukan masa subur anda sendiri.

Seperti yang anda ketahui bahwa melakukan hubungan badan dimasa subur, sangat penting karena prosentase keberhasilan kehamilan anda, akan paling besar saat itu.

Dan semakin lama anda tidak mengetahui masa subur anda, semakin anda kehilangan waktu terbaik untuk hamil, karena masa subur pada setiap orang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Jadi bila anda masih muda, segera cari solusi untuk hal ini, atau mengunjungi dokter untuk membantu mengetahuinya bila perlu.

Karena bila sudah berusia 35++, masa subur akan menurun drastis dan akan membutuhkan usaha ekstra untuk hamil.

grafik kesuburan

Grafik Kesuburan dan Peluang Kehamilan

Cara Mengatasi Bila Haid Anda Tidak Teratur

Bila saat ini haid anda tidak teratur, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui “SEBAB” yang mendasarinya. Diatas tadi telah saya berikan beberapa kemungkinan penyebabnya.

Apakah ada kemungkinan anda mengalami salah satu atau beberapanya ?

Misalkan bila anda terlalu kurus, segera naikkan berat badan anda menjadi lebih ideal. Hal yang sama juga berlaku bila anda terlalu gemuk, segera turunkan sebisa mungkin.

Haid tidak teratur dan solusinya

Haid tidak teratur 80% lebih kaitannya adalah dengan ketidakseimbangan hormon. Bila anda kesulitan melakukan semua hal diatas, anda bisa lebih memfokuskan diri anda untuk menormalkan kembali hormon anda.

Berikut langkah yang bisa anda lakukan secara rutin untuk melakukannya :

Jaga Berat Badan Ideal

Ini berhubungan langsung dengan hormon anda, jadi mau tidak mau sebaiknya dilakukan. Memang tidak semua orang gemuk atau kurus tidak bisa hamil, tapi hal itu juga tidak bisa disamakan. Bisa jadi dia gemuk tapi pola makannya alami, hanya terlalu banyak ? Atau bisa jadi dia kurus, karena dia puasa, atau karena sedang melakukan terapi kesehatan.

Apapun yang anda lakukan, fokus ke diri anda sendiri untuk mengidealkan berat badan anda. Tidak perlu membandingkan dengan orang lain =)

Silakan lihat tabel dibawah ini sebagai panduan.

tabel berat badan ideal

Olah raga teratur akan membantu anda menurunkan berat badan. Namun studi yang dilakukan para olahragawan menunjukkan bahwa olahraga “jalan cepat” akan membakar lemak lebih banyak daripada saat anda berlari.

Konsumsi Makanan Yang Alami

Alami disini benar benar kembali ke alam ya bun. Makanlah sayuran dan buah buahan lebih banyak, disamping juga asupan cairan anda.

Kurangi konsumsi minyak goreng, segala macam gula baik itu gula pasir, jawa, pemanis buatan, permen, sacarine, dan yang serupa.

Makan makanan dengan bahan alami seperti lotek, gado gado, pecel dan makanan sebangsanya, sangat baik untuk terapi pengembalian hormon anda untuk jangka panjang.

lotek sangat baik sebagai makanan alami

lotek sebagai makanan alami baik untuk hormon

Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang banyak mengandung minyak seperti makanan padang, indomie rebus, kare, dan sebangsanya.

Bukan berarti tidak boleh sama sekali ya bun, sesekali masih bisa dimakan. Tapi bila anda sedang melakukan terapi penurunan berat badan dan penormalan hormon, saya rekomendasikan untuk menyetop sama sekali makanan sejenis ini.

Terapi Penenangan Diri

Istirahat tidak hanya dilakukan oleh tubuh, tapi juga pikiran dan hati anda ya bun. Justru sebenarnya pikiran dan hati inilah yang lebih berperan mempengaruhi tubuh anda.

Saat anda stress, galau, sakit hati, dan was was, sistem tubuh akan otomatis melakukan defens dan mengeluarkan hormon tertentu, yang akan mempengaruhi tubuh dan kejiwaan anda.

Meditasi baik untuk hormon

Intinya dari terapi penenangan diri ini adalah, untuk merasa tenang, damai dan bahagia.

Anda bisa melakukannya lewat banyak hal seperti :

  • Beribadah dan berdoa kepada Tuhan
  • Melakukan meditasi setiap hari
  • Melakukan Sedekah
  • Bergabung di organisasi sosial
  • Bermain atau jalan jalan dengan teman dan sahabat atau keluarga
  • Bercanda dengan hewan kesayangan
  • dll

Apapun yang bisa membuat anda tenang, damai dan bahagia, LAKUKAN !!

Dan apapun yang bisa membuat anda galau, sakit hati, dan stress, TINGGALKAN !!

Mitos Yang Sering Beredar Tentang Haid

Fakta dan Mitos Seputar haid dan Kesuburan

Ada banyak mitos mitos yang beredar yang berkaitan dengan haid dan kesuburan. Mitos ini ada yang biasa saja, namun ada juga yang “menyesatkan” =)

Berikut ini saya berikan beberapa contoh mitos yang beredar beserta faktanya :

Mitos 1 : Haid Sedikit Berarti Tidak Subur Fakta : Tidak Benar =)

Kesuburan tidak dilihat dari seberapa banyak atau sedikitnya darah haid yang keluar disaat anda menstruasi. Justru anda bisa haid, adalah tanda bahwa anda masih subur =)

Anda bisa menghitung sendiri kesuburan anda bila haid anda teratur.

Mitos 2 : Sakit Saat Haid Adalah Tanda Adanya Kista atau Miom Fakta: Tidak Benar =)

Haid adalah proses luruhnya lapisan darah pada dinding rahim, dan memang sewajarnya akan sakit. Justru bila tidak sakit artinya ada hal yang perlu diselidiki.

Namun bila sakitnya sudah tidak wajar dan dapat membuat anda pingsan, ada baiknya dicek ke dokter untuk memastikan bila ada ketidaknormalan didalam.

Mitos 3: Rahim Dapat Menjadi Kering Fakta : Tidak Benar =)

Dalam dunia kedokteran tidak ada yang namanya rahim kering. rahim akan selalu basah dan dipenuhi oleh darah meski anda sedang tidak subur sekalipun. Bila rahim benar benar kering, anda akan meninggal.

Mitos 4: Minum Es Saat Haid Akan Menyebabkan Pembekuan darah dan Kista  Fakta: Tidak Benar =)

Tidak ada hubungan antara minum es dengan pembekuan darah apalagi kista. Setiap air yang diminum dan masuk ke lambung akan disesuaikan suhunya didadalam tubuh.

Bila anda minum air panas, air akan segera diturunkan suhunya didalam lambung.

dan bila anda minum air dingin atau air es, makan suhunya akan dinaikan, sesuai dengan suhu tubuh dan lambung anda.

mitos tentang haid

Sebenarnya masih ada banyak mitos yang lain, tapi nanti kita bahas di artikel artikel selanjutnya ya bun =)

Kesimpulan

Haid tidak teratur memang tidak baik dan mengganggu promil anda. Namun hal ini sebenarnya disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup kita sendiri.

Tubuh akan mengikuti bagaimana kita mengelola dan menjaganya, jadi jangan salahkan dia bila ada bagian tubuh yang terganggu dan tidak berfungsi sesuai dengan semestinya.

Nha, sekarang anda tahu bun penyebab haid anda tidak teratur sekalian dengan solusinya.

Sekiranya menjawab, tolong teruskan informasi ini untuk bunda lain, yang mungkin juga sedang mengalami haid yang tidak teratur juga =)





Intip Isi Buku TIPS HAMIL MAKSIMAL
Saya sudah beli buku ini dan membaca isinya bun. Apakah anda ingin tahu seperti apa kualitas dan isi dari buku ini ?
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 2 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)