Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Tahukah Berapa Lama Sperma Hidup Didalam Rahim Bunda ?

Sperma suami bunda, bisa bertahan dalam sistem reproduksi bunda hingga lima hari jika kualitasnya sangat baik selama masa subur bunda (sebelum dan selama ovulasi).

Di luar dari sistem reproduksi wanita atau selama siklus menstruasi, sperma memiliki masa hidup lebih pendek.

Dalam sekali ejakulias, suami bunda akan mengeluarkan cairan sperma berisi berjuta-juta sel sperma aktif yang berenang didalamnya. Berapa lama mereka hidup dan seperti apa yang terjadi didalam rahim bunda ?

Berikut faktanya :

umur sperma

Lingkungan yang asam

PH vagina sedikit asam, yang membantu melindungi  bunda dari infeksi. Namun, ini juga banyak membunuh sperma sebelum mereka mencapai rahim. Lebih dari separuh sperma, mati sebelum sampai di tengah perjalanan dalam mencapai sel telur.

Melakukan posisi HB tertentu, akan membantu suami bunda mengeluarkan sperma didekat mulut rahim sehingga dapat langsung masuk ke rahim bunda.

Mukosa serviks / Servical Muccus

Sebelum dan selama ovulasi, leher rahim menghasilkan lendir kental dengan tekstur dan konsistensi seperti putih telur mentah. Lendir subur ini membantu sperma mencapai rahim dan bertahan cukup lama untuk membuahi sel telur.

Lendir ini, dihasilkan pada masa subur bunda, yang dapat digunakan untuk mengecek kesuburan bunda dengan metode servical muccus di artikel sebelumnya.

Pembuahan

Selama masa subur wanita, sperma bisa hidup selama tiga hari rata-rata sampai lima hari untuk yang berkualitas baik. Mereka berjalan melalui rahim dan sampai ke saluran telur untuk menemukan telur.

Masa hidup telur

Tidak seperti sel sperma, sel telur hanya dapat bertahan sekitar 12 jam setelah mereka dilepaskan. Namun, bunda masih bisa hamil jika melakukan HB tanpa pengaman terjadi hingga lima hari sebelum ovulasi/ masa subur.

Inilah pentingnya melakukan HB 2 – 3 hari sebelum ovulasi =)

Penyakit Dalam Rahim

Penyakit seperti keputihan yang parah yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan virus, dapat menimbulkan gatal atau panas, dan dapat berpotensi membunuh sperma juga.

Ingat bahwa untuk meningkatkan peluang keberhasilan promil anda, dibutuhkan sperma yang bagus dan berkualitas.

Lingkungan lainnya

Di udara terbuka atau kering,atau cairan serviks kurang subur ( karena pengaruh jamur/bakteri/virus,dll ), sperma hanya hidup beberapa jam dan akan mati begitu masuk kedalam leher rahim.

Jadi, sangat penting untuk memberikan sperma, media yang baik untuk berenang mencapai sel telur.

Sperma, harus berjuang mati-matian untuk mencapai sel telur dengan medan yang mematikan bagi mereka.

Itupun bun, hanya ada SATU yang diperbolehkan membuahi sel telur.
Berjuta-juta lainnya, mati didalam rahim bunda.

Bunda bisa membantu sperma sperma ini mencapai sel telur, dengan membersihkan bagian dalam missV anda agar bebas dari jamur, bakteri dan kotoran sehingga sperma bisa berenang dengan lancar mencapai sel telur.

Melakukannya selain mempermudah sperma mencapai sel telur, juga menghindarkan anda dari ancaman terjangkit kanker servik.

Kesuburan sperma tidak kalah pentingnya dengan kesuburan wanita ya bun.

Untuk mendapatkan promil yang berkualitas, maka keduanya harus sama sama subur.

Untuk menyuburkan sperma, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga produksi hormon testosteron pada pasangan, agar produksi sperma ini dapat melimpah dan sehat.

Hormon testosteron sendiri, umumnya akan terproduksi secara alami dan “OTOMATIS”, saat suami berkeringat atau melakukan olah raga menengah atau berat.

Didalam buku panduan hamil maksimal dikatakan bahwa sperma yang sehat dan sel telur yang sehat, adalah elemen utama yang sangat menentukan keberhasilan program kehamilan anda.

Bila salah satu saja bermasalah, maka peluang kesuksesan terjadinya kehamilan, akan menurun hingga 75%.

Bila peluangnya saja menurun sebesar itu, maka akan berimbas pada terbuangnya banyak waktu berbulan-bulan bahkan bertahun tahun secara percuma.

Oleh karena itu penting untuk mengatasi masalah ini secepatnya.

Baca Buku Panduan Hamil Maksimal Ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara menjaga kesuburan sperma suami dan sel telur anda.

Bila anda ingin mengetahui seperti apa isinya, saya sudah buat reviewnya disini.

KESIMPULANNYA

Sperma memang akan bertahan hingga 3 x 24 jam didalam rahim anda untuk bertahan menemui sel telur anda.

Tapi jika kualitas sperma itu sendiri tidak baik, maka hanya tinggal menunggu hitungan JAM saja, hingga sperma itu akan mati, dan tidak pernah menjumpai sel telur anda.

Luangkan lebih banyak waktu bagi anda dan suami, untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan anda berdua, dan jangan terburu-buru melakukan promil dengan kualitas kesuburan yang seadanya.

Bila sekrianya informasi ini bermanfaat, tolong teruskan untuk bunda lain yang membutuhkan.

Dan bila bunda punya pertanyaan, silakan tulis dibagian komentar dibawah =)





Intip Isi Buku TIPS HAMIL MAKSIMAL
Saya sudah beli buku ini dan membaca isinya bun. Apakah anda ingin tahu seperti apa kualitas dan isi dari buku ini ?
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya =)

2 thoughts on “Tahukah Berapa Lama Sperma Hidup Didalam Rahim Bunda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 9 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)