Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Berbahayakah Haid 2x Dalam Sebulan? – FAKTANYA

beberapa bunda mengeluhkan hal ini di forum dan hal ini juga memberikan ketakutan tersendiri pada para bunda tersebut.

Apakah juga mengalaminya bun ?

Jika iya bun, maka jangan khawatir karena hal ini memang masalah haid seperti ini dapat terjadi pada sebagian wanita.

Umumnya karena ketidakseimbangan hormon saja.

Lewat artikel ini, kita akan berbagi informasinya.

haid 2x dalam sebulan

PENYEBAB HAID 2x DALAM SEBULAN

Ada 2 kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab bunda haid 2x dalam sebulan.

Yang pertama adalah, karena kondisi hormonal yang memang tidak seimbang.

Dan yang kedua adalah, karena ada luka atau pendarahan didalam rahim, yang menyebabkan pendarahan, hingga hal tersebut sering disangka darah haid.

Untuk memastikan hal ini, bunda perlu mengetahui dulu siklus haid ini dalam beberapa kali dalam beberapa bulan.

Apabila siklus ini hanya terjadi 1x atau 2x lalu BERHENTI, maka bisa jadi hal ini hanya disebabkan oleh kondisi hormon bunda yang kadang dipengaruhi oleh tingkat stress dan gaya hidup saja.

Dengan memperbaiki pola makan, dan kondisi psikis, akan membantu mengembalikan siklus haid ini kembali seperti semula.

Namun jika siklus ini MENETAP bahkan terus terjadi selama lebih dari 2 atau 3 bulan,  dan disertai rasa nyeri yang berkepanjangan, maka ada resiko bunda mengalami pendarahan didalam rahim.

Pendarahan ini bisa disebabkan oleh miom atau luka yang terbuka dan mengakibatkan pendarahan.

Adanya kista juga dapat mengganggu hormon yang berimbas pada siklus haid anda.

Terlebih bila anda mendapati darah haid anda keluar terus menerus, atau berwarna hitam pekat dan menggumpal.

Untuk mengetahui hal ini, maka sebaiknya cepat diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut.

LALU BAGAIMANA JIKA TIDAK ADA PENDARAHAN KARENA MIOM ?

Apabila tidak ada pendarahan karena miom dan memang keadaan haid 2x dalam sebulan ini terus berlanjut, maka perlu dilihat apakah haid ini disertai ovulasi atau tidak.

Jika haid 2x dalam sebulan ini MASIH disertai dengan ovulasi, maka bunda masih dapat memiliki peluang untuk hamil, selama dapat menentukan masa subur bunda dengan benar dan tepat.

Jika pada masa haid ini bunda ternyata masih disertai ovulasi dan ternyata subur, maka silakan lakukan HB yang berkualitas dengan suami, agar peluang bunda untuk hamil menjadi lebih besar.

Untuk lebih amannya, sebaiknya tetap bunda lakukan cek berkala ke dokter untuk memantau perkembangan kondisi hormon bunda, karena dokter mungkin akan memberikan terapi hormonal untuk membantu menstabilkan kondisi hormon bunda, terutama bila haid anda tidak lancar.

Bila bunda merasa tidak sempat atau tidak memungkinkan untuk periksa ke dokter, penggunaan penyubur baik herbal atau suplemen, bisa menjadi pilihan.

APAKAH HAID 2 KALI DALAM SEBULAN TANDA HAMIL ?

Bisa ya, dan bisa juga tidak bun, jadi tidak bisa katakan begitu saja.

Kenapa ?

Memang ada tanda flek yang kadang terjadi saat terjadi implantasi sel telur yang dibuahi ke dinding rahim dan hal ini memang menyebabkan sedikit pendarahan.

Pendarahan ini bahkan mirip seperti haid biasa.

Namun bedanya dengan  darah haid, darah implantasi ini biasanya berwarna merah segar, sementara darah haid umumnya berwarna merah kecoklatan.

Bila anda tidak yakin, lakukan test pack 2 minggu kedepan.

LALU SOLUSINYA BAGAIMANA

JIka memang masalahnya adalah karena hormon yang tidak seimbang, ada 2 cara untuk mengatasinya bun.

Pertama biarkan dokter yang memberikan resep pengobatan medis untuk mengembalikan hormon anda.

Dokter akan memberikan beberapa obat yang harus anda konsumsi setiap hari selama beberapa pekan.

Kedua, menggunakan cara alternatif herbal.

Cara ini sama dengan cara medis, hanya obat yang digunakan adalah obat herbal dari ramuan alam.

Jika anda adalah tipe orang yang tidak suka obat sintetis atau kimia dan lebih suka menggunakan obat herbal, maka langkah ini dapat menjadi pilihan.

Untuk obat herbal yang dapat menyeimbangkan hormon kewanitaan anda, gunakan herbal ini.

Banyak yang cocok, jadi siapa tahu anda juga akan cocok.

Nha, bun sudah tahu kan alasan anda mengalami haid 2x dalam sebulan =)

Jadi apabila haid 2x dalam sebulan ini terjadi pada bunda saat ini, maka bunda tidak perlu khawatir, dan tahu apa yang harus bunda lakukan selanjutnya.

Saya doakan, semoga haid anda selalu lancar dan siklusnya juga tidak melompat jauh, agar masa subur anda juga menjadi lebih mudah dihitung =)

Silakan tinggalkan komentar bila bunda masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab.




MASIH SULIT HAMIL ?
Buku ini dapat membantu anda mengarahkan promil anda kearah yang benar agar anda cepat hamil.
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya =)

48 thoughts on “Berbahayakah Haid 2x Dalam Sebulan? – FAKTANYA

  1. Bun mw tanya.. bln lalu jrak haid hnya 23hri dan brlangsung hnya 4 hri trus bln ini jarakx dr haid pertma bln lalu hnya 16 hari trus berwarna coklat kehitaman bun… kira2 knp ya ?

    • Sepertinya mulai memendek bun. Sebenarnya lamanya haid itu tidak masalah selama tidak berlangsung lebih dari 7-10 hari. Singkat pun tidak apa2 tergantung dari berapa tebal dinding rahimnya. JIka siklus terus memendek, biasanya karena hormonnya sedang bermasalah saja.

  2. Siang bun, mw tnya nih…
    Knp ya…setiap sy haid itu selalu dsertai darah yg menggumpal?. Apa itu efek dr suntik kb 1 bln yg sy jalani?.

  3. Hallo mba yunita perkenalkan saya evi, mba saya mau nnya saya kan sudah menikah. Saya haid tgl 1 April lalu saya haid lg tgl 18 April dan udah seminggu lebih belum selesai jga. Haid yg kedua setelah beberapa hari payudara saya baru berasa nyeri. Apakah itu tanda kehamilan ?

  4. Bunda…sy lg program hamil di dokter mens sy tgl 12 maret 2017 trs sy dikasi jadwal berhubungan tgl 23,25,27,29,31,2….sysdh berhubungan tgl 23 dan 25. hari ini tgl 27 tiba2 ada kluar darah segar dan ada gumpalan kecil di celana saya….apa artinya ini ya bun? Mks

    • Tergantung siklusnya berapa hari tiap bulan.
      Haid tidak dihitung berapa bulan sekali, tapi berapa hari dalam satu siklusnya.

      Misalkan siklusnya 28 hari, haid tanggal 1 maka haid lagi tgl 29 di bulan yg sama.

      Coba dihitung dl siklusnya.
      Jika masih dalam rentang siklus artinya aman =)

  5. Mba saya mw nanya.. saya kemaren waktu bukan November 2016, tgl 5 saya haid lalu tgl 30 November haid lg..
    Bulan Desember nya saya lupa..
    Tgl 1januari saya haid.. seingat saya tgl 29 Januari saya haid lg.. (ini antara lupa sama ga) dan sampe skrg saya blom haid lg tapi payudara saya sudah sakit dan membangkak sudah sekitar 4-5 harian.. ini kenapa yah mba.. kalo pun saya mw haid lg koq cepet yah dr tgl 29 ke tgl yg skrg.. dan pinggul saya sakitnya luar biasa. Payudara juga membengkak tidak seperti biasa nya. Says sudah testpect pada siang hari hasilnya negt. Tolong info nya mba makasih

    • Iya bun, memang kondisi hormonal kita naik turun dan saat naik seperti inilah efeknya.
      Semua organ tubuh yang dipengaruhi oleh hormon akan terpengaruh.

      Ini wajar dan bukan hal yang harus ditakutkan =)

    • Haid 2x dalam sebulan kalau terjadi di awal dan akhir itu wajar bun.
      Apalagi kalau siklusnya dibawah 30 hari.

      Misalkan siklusnya 25 hari, dan haid terjadi di tanggal 2, maka haid selanjutnya akan terjadi kisaran tanggal 27.
      Ini normal.

      Lagipula haid jangan dilihat dari berapa kali sebulannya, tapi dari berapa jarak antar tanggal haidnya.

      Saya bukan dokter, jadi jangan panggil dok =)

  6. Dok, bulan ini saya 2x menstruasi. Menstruasi pertama terjadi tgl 31 desember – 5 januari. Tgl 12 saya melakukan HB tidak menggunakan alat kontrasepsi (kondom) dan dikeluarkan di luar. Lalu tgl 20-22 saya menstrusi lagi tapi darahnya gelap cenderung hitam. Kenapa ya dok?

    • Salam,

      Pertama saya bukan dokter jadi jangan panggil dok bun =)

      Kedua, mengenai haid anda, siklus anda kalau dilihat dari tanggal haid anda adalah berkisar 20 hari yang mana sebenarnya masih wajar.
      Anda melakukan hubungan di tanggal 12 juga masih dalam kisaran masa subur, jadi bagus sekali.

      Jika siklus haid anda di bulan2 sebelumnya juga dikisaran 20 hari, maka itu masih wajar.

      Tapi jika siklusnya tidak teratur, bisa maju atau mundur diatas 10 – 15 hari, baru itu perlu disikapi lebih lanjut.

      Mengenai darahnya yang gelap, bisa jadi itu karena anda sedang mengalami anemia jadinya darahnya sangat kental dan berwarna kehitaman.

      Sebaiknya anda segera gunakan suplemen penambah darah bun =)

  7. Mb saya mau nanya nih…aku kan kmrn haid tanggal 31 desember sampai tgl 5 januari…trs haid lagi tgl 15 sampai tgl 23 haidx mb…kramx sih gak sesakit haid di awal…kira2 aman kah itu ? Tp wktu ditgl 2 januari itu aku smpt usg 4 dimensi sm usg tranvagina hasilx gak ada masalah..gk ada miom atau kista..

    • Tidak apa2 bun.

      JIka menurut pemeriksaan dokter memang aman, artinya hanya masalah hormonal saja =)
      Siklus anda termasuk pendek, dan itu bukan masalah sebenarnya.

      Tapi jika haidnya sangat sakit dan mengganggu, ada baiknya diobati dari sekarang.
      Untuk menormalkan hormon, mengembalikan siklus dan menghilangkan rasa sakit saat haid, silakan coba gunakan herbal ini.

  8. Salam kenal bunda.
    Saya ilis, bulan oktober kemarin saya ke dokter kandungan, dan bermasalah dgn sel telur yg kecil2, namun sudah di obati dgn regumen dan cyclo progynova, yg hasilnya haid lancar, dan akhir desember (28 des) saya lanjut dikasih vitamin utk d konsumsi (erurol dan elevit),dokter ngasih 30 biji. Nah tgl 28 desember jg sy haid beres tgl 1 januari 2017.
    Lalu tgl 16 januari ada flek coklat (bercak), namun esoknya malah haid lagi… Sampe saat ini tgl (19 jan~sudh sdikit berkurang) Dgn frekwensi darah yg cukup banyak dari haid biasanya, dan dari selsai haid kemarin tgl 1 januari itu payudara sakit ngilu gtu, perut mulas, kram, kembung, puting kadang gatal, punggung bawah trasa panas dan sakit, lemas sudah pasti, susah tidur, kepala pusing…rasa ini sampai hari ini di rasa…
    Tadi pagi, sy coba testpack, hasil negatif, kemarin tgl 18 januari ke dokter yg deket rmh, saat di usg tdk ada kelainan apa2, ga hamil, ga jg ada pnyakit apapun di rahim bersih..(alhamdulillah)

    Yg di tanyakan, apa ini gejala hamil?
    Atau kenapa? Padahal saya sebelumnya blm pernah mengalami siklus haid yg sangat singkat apalagi sampe sebulan 2x.

    Apa karena masih ada sdikit darahnya, jadi ga bs baca hasil testpack?
    Apa karena masih haid, jadi ga terlihat oleh usg ada apa di rahim? Hamil atau gangguan hormon?

    Dokter kemarin hanya bilang “rahim bagus, dan dia hanya ngasih 5 biji obat (profertil) yg harus di konsumsi tgl 20 januari bsk.

    Mohon infonya, barangkali ada bunda yg pernah mengalami hal seperti saya.
    Terimakasih.

    • Iya bun =)

      Menurut diagnosa dokter memang anda mengalami ketidaksuburan, makanya diberi profertil yang memang digunakan untuk penyubur.

      Mengenai keluhan anda haid yang berulang dan perasaan tersebut diatas, itu umumnya terjadi karena fluktuasi hormon anda.

      Hormon ini naik turun disebabkan oleh banyak hal, seperti pola makan, gaya hidup, tingkat stress, dan obat-obatan yang dipakai, seperti obat kimia atau obat KB.

      Jika menurut hasil pemeriksaan rahim tidak mengalami permasalahan, maka masalahnya hanya ada di keseimbangan hormon anda saja kok bun.

      Silakan gunakan herbal ini untuk menyeimbangkan hormon anda lagi, dan mengembalikan siklus haid anda seperti semula.

      Semoga menjawab =)

  9. Mba saya mau tanya nih? Saya mens tgl 4 desember trus dapat lagi tgl 24 apakah itu normal?? Trus tgl 29 sudah tidak keluar,nah payudara sya sakit serrta punggung juga sakit di sertai pusing dan sedikit mual aku baca d gogel itu bisa jadi tanda ovulasi,nah yg sy mau tanyakan,knpa setelah HB paginga kok ada sedikit flek warna merah terang,itu gimana ya??

    • Baik, saya jawab satu persatu =)

      1. Mens 4 desember dan dapat lagi 24 deseember >> Artinya siklusnya 20 hari, yang mana MASIH disebut normal.
      Siklus normal adalah antara 20 – 30 hari bun.

      2. payudara sakit dan sakit punggung disertai pusing dan mual, tanda ovulasi >> Bisa jadi bun karena memang tanda ovulasi adalah beberapa tanda tersebut.
      saya kupas tanda ovulasi selengkapnya disini : http://smartpromil.com/tanda-masa-subur-terjelas/

      3. Mengenai darah pink >> Apakah saat berhubungan, kurang terlubrikasi ? Bisa jadi ini disebabkan pendarahan saat terjadi gesekan antara dinding vagina dengan penis pasangan. Jika anda kurang menikmati atau belum siap ( belum cukup terangsang ) dan suami sudah melakukan penetrasi, dapat melukai dinding vagina yang menyebabkan keluarnya darah.

  10. Halo dok, mau tanya sy berusia 36 thn dgn 2 org anak, sdh 2 bln ini siklus haid sy berantakan sekali, bulan lalu sy dpt 2x sebulan, bulan ini sy dpt tgl 8 selesai tgl 14, lalu dpt lagi tgl 18 (lamanya 3 hr), lalu tgl 30 sy dpt lagi dok, tdk ada rasa nyeri sm sekali, kira2 knapa ya? Apa sy hamil or Apa krn pengaruh antibiotik? Krn bln ini ak lg minum antibiotik, mhn penjelasannya dok, mksh sebelumnya

    • Beberapa pengobatan memang akan menimbulkan efek dan pengaruh pada hormon kita bun, dan perubahan hormon ini juga akan memicu perubahan pada sistem reproduksi.

      Mengenai pendarahan ini, perlu diteliti lebih lanjut, apakah memang siklusnya memendek, atau karena sebab lain seperti haid yg kurang bersih.

      Apakah saat anda haid, tidak disertai kram perut bun ?

      • Hallo mbak.. saya mau tanya saya berusia 20 th. Dan udah nikah suami saya pengen banget punya momongan.. dan bulan ini saya haid 2 kali tanggal 5 dan tanggal 20 tapi yg kedua cuman flek2 gitu.. dan setiap HB dengan suami pasti sperm* nya langsung keluar dari miss V. Kok gitu yah?? Blas

        • Haid 2x tidak masalah kok bun =)

          Sudah berapa lama nikahnya ?

          Sperma keluar itu wajar, dan yang keluar itu sebenarnya hanya air maninya, dan bukan spermanya.
          Air mani adalah media tempat sperma berenang.

          Sperma hanya bisa dilihat lewat mikroskop =)

  11. Dokter saya mau tanya.saya sudah menikah di bln september. Sblm menikah saya melakukan suntik kb yg 1 bulan.
    Di bulan september haid tgl 25 kmudian oktober tgl 8 haid lagi tp hanya sedikit darah yg keluar. Trs ngflek totalnya hampir 2 minggu lebih dok. Kemudian tgl 31 oktober saya haid lagi. Berlangsung seminggu.Kali ini darahnya sprti pda umumnya.. Tp skrg tgl 11 saya haid lagi.tidak banyak. terilhat seperti flek saja.tidak ada keluhan pada perut. Tp saya tetap khawatir. Mohon pencerahannya dok. Terimakasih :)

    • Salam bunda Siti =)

      Pertama, saya bukan dokter jadi jangan panggil dok =)

      Kedua, memang KB hormonal termasuk suntik akan memberikan efek terganggunya keseimbangan hormon estrogen dan ini dapat terjadi selama beberapa bulan, termasuk di awal pemakaian.

      KB sendiri sebenarnya adalah menipu tubuh dengna meninggikan kadar hormon estrogen agar sel telur tidak di produksi.

      Tapi ada kalanya, proses ini juga mempengaruhi hormon yang berfungsi membersihkan dinding rahim dan memicu haid, jadi wajar jika terjadi flek.

      Selama tidak ada rasa sakit yang berlebihan, tidak perlu dikhawatirkan =)

      Mengenai apa itu hormon estrogen dan fungsinya dalam promil, sudah saya jelaskan disini :

      http://smartpromil.com/apa-itu-hormon-estrogen-dan-progesteron/

      Silakan dibaca, dan semoga menjawab =)

  12. Hallo saya mau bertanya. Usia saya 21th. Belum menikah. Jadi kemaren tgl 8 oktober saya haid tapi hanya 3 hari. Biasanya sampai 5 hari. Kemudian tgl 28 oktober haid lagi. Tapi cuma sedikit, awalnya seperti bercak darah gitu. Sekarang jg masih keluar darahnya sih tp sedikit sekali. Apakah itu normal? Saya memang sedang diet makanan berminyak dan memang ada yg sedang saya pikirkan. Apakah itu berpengaruh? Trs pinggang saya pegal2 dan jd sering buang air kecil. Saya membaca diberbagai artikel, kasus yg saya alami merupakan tanda2 kehamilan. Tapi apakah mungkin? Saya sendiri belum pernah melakukan hubungan suami istri, yg macam2 seperti itu. Terimakasih. Mohon pencerahannya :)

    • Halo mbak =)

      Mengenai hari haidnya, itu wajar kok, artinya anda siklusnya 20 hari.
      Dan mengenai darahnya sedikit, itu juga bukan hal yang patut ditakutkan.

      Banyaknya darah tergantung dari tebal tipisnya dinding rahim dan ini dipengaruhi hormon.

      Sementara hormon sendiri dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup, jadi bila memang anda sedang melakukan diet, pasti akan ada pengaruhnya.

      Dan ini BUKAN pertanda hamil, apalagi jika anda masih perawan dan BELUM PERNAH melakukan hubungan seksual sebelumnya =)

  13. hallo dok saya mau tanya.. saya haid 2× dalam sebulan kmaren.
    pertama tanggal 10-17 yang ke dua tanggal 28-29 cuma dua hari hanya flek hitam aja itu juga cuma sedikit,. kenapa ya dok ?

    • Jika hanya flek bisa jadi hanya efek pembersihan lanjutan bun.
      Jika tidak disertai sakit atau keluhan lain.

      Jika ada keluhan lain, mungkin memang ada masalah.
      Sebaiknya segera cek ke dokter.

      Warna darah menunjukkan kadar darah anda.

      Semakin hitam, artinya anda sedang anemia.

      Oiya jangan panggil dok ya bun, saya bukan dokter :)

  14. Assalamualaikum
    Dok saya datang bulan selama 2 x dalam sebulan saya datang bulan tgl 10-14 dan sekarang saya haid lagi saya haid tgl 3 sampai sekarang tgl 4 apa itu normal dok???

      • dok, sudah 3 bulan ini saya datang bulan 2x dalam sebulan. tp pas yg kedua kalinya saya haid darahnya sedikit dan cuma sehari, setelah itu udah gak lg. selalu seperti itu. apa itu normal ya dok? karna udah 3 bulan berturut-turut saya seperti itu.

        terimakasih

  15. Salam kenal dok. Saya mens 2x dlm sebulan. Klr flek selama 13 hari dan d lanjutkan mens banyak. Total bisa 16 hari. Trus bersih selama 10 hari dan kembali flek+mens 15 hari. Terjadi sudah 2 bln. Apa yang terjadi pada rahim saya dok. Saya dan suami ingin cepat hamil. Ini terjadi sejek saya menikah. Trims dok.

      • Asalamualaikum dok..
        Saya mau tanya nih Saya kan sdh menikah dan mempunyai satu anak, begini dok jd Saya mau tanya bulan ini kok Saya haid dua kali ya , Saya haid tgl 05 October 2016, dan tiba2 Saya haid lagi tgl 14 October 2016 … Dan awal Mula haid yg kedua pada tgl 14 October itu yg keluar awal nya darah kental yg berwarna coklat kemerahan dan dikeesokan hari nya darah yg keluar seperti darah haid pada umumnya … Itu knp ya dok?

        • Haid 2x jika hanya terjadi sekali saja itu tidak perlu dikhawatirkan kok bun.

          Jika kondisi hormon memang sedang naik turun karena suatu hal ( pemakaian KB, kecapek an, stress, BB naik atau turun ), maka bisa memicu flek juga, terutama jika memang punya sejarah siklus haid nya pendek.

          Darah haid yang berwarna coklat itu umumnya hanya darah sisa bun.

          Darah haid yang segar masih berwarna kemerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 7 + 8 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)