Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Dengan Cepat

Untuk bunda yang sering merasakan rasa nyeri yang amat sangat selama menstruasi, maka artikel cara mengatasi nyeri saat haid ini akan menjawab masalah haid yang anda alami.

Nyeri saat haid bagi sebagian bunda, bisa menjadi hal yang sangat menyakitkan ya bun.

Apa anda juga merasakannya bun?

Dulu waktu masih muda, saya sering sekali mendapatkan serangan nyeri saat haid ini, bahkan darahnya menggumpal dan berwarna hitam, sampai saya hampir pingsan di tempat kerja.

Untung saat itu pacar saya ( yang sekarang jadi suami saya ^^ ), perhatian sekali dan mencarikan jamu kunyit asam, meski tempatnya sangat jauh.

Di artikel ini saya akan berbagi tips yang saya gunakan untuk mengatasi nyeri saat haid dengan cepat ;)

cara mengatasi nyeri haid dengan cepat

SEBENARNYA NYERI HAID ITU BAGAIMANA SIH ?

Nyeri haid ini disebabkan oleh kram dan kontraksi pada otot rahim. Menstruasi sebenarnya adalah sebuah fase “pembersihan” rahim dari darah yang sejatinya akan digunakan untuk menjadi tempat tumbuhnya bayi bila program kehamilan kita berhasil bun.

Namun bila program hamil ini belum berhasil atau memang kita belum melakukan program kehamilan, maka lapisan darah yang berisi nutrisi dan zat gizi ini, tidak diperlukan lagi.

Oleh karena itu, tubuh akan bereaksi dan berusaha membuang lapisan darah ini, dengan melakukan kontraksi pada otot rahim, sehingga lapisan darah ini akan luruh, dan keluar sebagai darah menstruasi.

LALU PENYEBAB RASA SAKITNYA APA ?

Rasa sakit saat haid ini disebabkan oleh kontraksi otot yang terlalu keras atau terlalu kencang.

Kontraksi yang terlalu kencang ini, pada suatu saat dapat menyebabkan pembuluh darah terjepit dan suplai darah menuju rahim dan jaringan otot terhenti sesaat.

Rasa sakit itu sendiri akan terjadi saat jaringan otot pada beberapa bagian rahim bunda, kehabisan suplai darah dan oksigen.

TERUS BAGAIMANA CARA MENGATASI RASA SAKITNYA BUN ?

Ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi hal ini. Saya sendiri memiliki 2 hal yang selalu saya gunakan bila saya merasakan nyeri saat haid ini, dan sampai saat ini memang terbilang ampuh =)

Berikut cara yang saya gunakan :

1. Minum Jamu Kunyit Asam

kiranti pereda nyeri haid dengan cepatSetiap kali menjelang menstruasi, saya selalu menyediakan jamu kunyit asam ini di kulkas. Kebetulan didekat saya ada simbok jamu yang menjual jamu tradisional, jadi saya tidak kesulitan untuk mendapatkannya =)

Bila tidak sempat, terkadang juga saya nitip suami sepulang kerja untuk membeli KIRANTI, atau jamu kunyit asam instant dari Indomaret atau alfamart terdekat.

Tips dari saya dalam menggunakan jamu ini bun, sebaiknya bunda meminum jamu ini MENJELANG memasuki siklus haid ya bun terutama bila anda punya haid tidak teratur.

JANGAN meminumnya begitu baru terasa nyeri dan sakit =)

Jadi hapalkan siklus haid anda, dan minum jamu ini menjelang hari hari haid anda. Hal ini juga bisa membantu bunda menghapalkan siklus haid bunda, agar masa subur jadi lebih mudah diketahui.

2. MENGGUNAKAN BOTOL BERISI AIR PANAS

botol air panas pereda nyeri haid

Tips yang ini bun, sebenarnya saya dapatkan dari ibu mertua saya, tapi sangat ampuh ^^. Bila terkadang saya LUPA meminum jamunya atau lupa nitip suami beli kunyit asamnya, ini cara yang saya gunakan untuk meredakan rasa nyerinya.

Begitu rasa nyeri keluar, segera siapkan satu botol bening dari kaca, bisa dari botol susu atau botol apapun yang mudah dipegang, dan ISI dengan air panas.

Lalu, balut botol tersebut dengan handuk atau kain tipis, lalu tempelkan di bagian yang terasa nyeri.

Sumpah bun, ….. rasanya nyaman dan nikmat sekali ^^.

Ini sangat bermanfaat terutama bila anda memiliki siklus haid yang pendek dan menyakitkan, seperti misalnya bila anda memiliki siklus haid 2x dalam sebulan.

3. MENGGUNAKAN OBAT PEREDA RASA NYERI

Cara ketiga ini, saya pakai HANYA bila memang kepepet atau tidak sempat melakukan cara pertama dan kedua diatas tadi bun. Katakanlah ini adalah cara emergency saja karena menggunakan obat kimia.

Bila saya tidak sempat meminum jamu atau membuat botol air panas, saya selalu sediakan obat pereda nyeri.

Ada banyak obat pereda rasa nyeri yang dijual diapotek, tapi yang PALING SERING saya gunakan adalah PONSTAN.

ponstan obat pereda nyeri

Efek dari ponstan ini sangat cepat bereaksi, tapi hanya bersifat sementara, yaitu berkisar antara 2 – 3 jam saja.

Oleh karena itu, sediakan setidaknya satu strip untuk berjaga jaga.

Tapi karena ini adalah obat kimia, maka seperti saya katakan diatas, saya tidak selalu menggunakannya, dan HANYA menggunakannya saat emergency saja, meski sangat efektif sekali meredakan nyeri saat haid =)

Ponstan bisa didapatkan dengan mudah di apotek atau K24 terdekat.

YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK PENCEGAHAN ?

peringatan dan himbauan

Bila bunda sering atau selalu mendapatkan rasa nyeri yang sangat saat haid, ada baiknya bunda mulai melakukan hal dibawah ini sebagai pencegahan, setidaknya untuk mengurangi efeknya di siklus haid berikutnya :

- ISTIRAHAT CUKUP

Saat haid, banyak banyaklah untuk beristirahat. Mintalah ijin dari suami untuk rehat sebentar dari tugas rumah tangga, karena haid disertai nyeri tidak hanya menyerang fisik tapi juga mental dan emosional.

Bunda tidak mau kan ribut bersama suami hanya karena hal ini ;)

- KURANGI MAKANAN YANG MENGANDUNG KAFEIN DAN GARAM

Kafein dan garam, keduanya sangat berpengaruh terhadap kelancaran peredaran darah anda. Kafein meningkatkan detak jantung, sementara garam dapat mempersempit saluran darah.

Bila keduanya beraksi bersamaan, bisa fatal akibatnya. Sebaiknya bunda kembali ke makanan alami seperti sayur dan buah-buahan =)

diet kembali ke buah dan sayuran

- PIJAT PINGGANG ANDA

Bunda bisa minta tolong suami untuk melakukan hal ini. Saya selalu minta tolong suami bila suami sedang tidak ada pekerjaan atau sedang santai dirumah =)

Sebenarnya ada banyak sekali cara lain bun, tapi cara diatas adalah yang pribadi selalu saya lakukan dan sampai saat ini tidak pernah mengecewakan saya =)

Disamping murah dan mudah, kita juga tidak merepotkan orang lain seperti pasangan atau orang lain di rumah.

Bila bunda sering mendapatkan haid tidak lancar atau disertai dengan rasa nyeri yang sangat, silakan coba tips yang biasa saya gunakan diatas.

Bila ada masukan atau pertanyaan, tinggalkan komentar bunda di bawah =)




Bedah Buku Tips Hamil Maksimal
Pengen tahu seperti apa isi buku panduan yang telah membantu banyak bunda untuk hamil ini bun ?
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 6 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)