Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Cara Meningkatkan Peluang Untuk Mendapatkan Anak Kembar

Secara alami bun, bayi kembar terjadi dari 1 dari setiap 89 kelahiran. Pada kondisi normal, kemungkinan anda untuk mendapatkan bayi kembar sangatlah kecil.

Biasanya melakukan penyuburan dengan obat obatan atau melakukan program kehamilan dengan sarana inseminasi buatan meningkatkan peluang anda untuk mendapakan anak kembar.

Tapi mungkin anda penasaran, adakah cara alami yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan peluang anda mendapatkan anak kembar.

Jawabannya adalah, …… YA …. Ada =)

Berikut ini panduan hamil untuk meningkatkan peluang anda mendapatkan bayi kembar.

Cara Meningkatkan Peluang Hamil Kembar

Apakah Kembar Itu Kejadian Umum ?

Banyak ahli mempercayai bahwa sebagai manusia kita mungkin lebih banyak menghasilkan peluang hamil kembar dari yang kita bayangkan selama ini.

Kecanggihan teknologi saat ini telah menemukan bahwa saat ini adalah sangat umum bahwa anda dapat menghasilkan lebih dari 1 embrio yang terimplantasi pada rahim, namun karena suatu sebab hanya satu embrio yang berhasil selamat.

( Baca Juga: Ini Ciri Sperma Yang Bagus dan Berkualitas )

Bagaimana Kembar Ini Terjadi?

Bila anda benar benar ingin meningkatkan kemungkinan anda melahirkan bayi kembar, maka sangat penting untuk anda mengerti dan memahami bagaimana bayi kembar itu terjadi.

Saat ini terdapat 2 jenis kembar yaitu identik dan tidak identik.

Identik atau “Monozygotic Twins” terbentuk saat sebuah telur yang telah dibuahi oleh satu sperma, kemudian membelah diri menjadi 2 embrio.

Setiap embrio berbagi genetik yang benar benar sama.

Kembar identik bahkan berbagi placenta satu sama lain.

kembar identik dan tidak identik

kembar berdasarkan plasenta

Sementara kembar tidak identik, terbentuk dari 2 buah telur yang dibuahi oleh 2 buah sel sperma yang berbeda.

Kembar jenis ini adalah kembar yang memiliki keunikan mereka sendiri dan tidak memiliki genetic yang sama persis.

Kembar tidak identik ini, juga bisa diketahui dengan mereka memiliki plasenta sendiri didalam pertumbuhannya dalam rahim.

Bagaimana Dengan Adanya Kembar Dalam Anggota Keluarga?

Kembar memang turun temurun didalam keluarga. Namun kecenderungan genetik kembar, hanya berlaku pada “sang ibu” saja.

Riwayat keluarga sang ibulah yang banyak memberikan pengaruh mereka mendapatkan ovulasi yang berlebih sehingga menghasilkan lebih dari 1 sel telur atau “Hyper Ovulasi”

Riwayat kembar berpengaruh hanya pada ibu

Namun setiap wanita sebenarnya bisa mendapatkan kembar identik, dan riwayat keluarga “tidak selalu” mempengaruhi hal ini.

Bagaimana Peluang Untuk Hamil Kembar ?

Saat ini di Australia, 1.6% dari semua kehamilan berujung pada kelahiran kembar.

Kembar yang lahir secara natural terjadi pada setiap 8 – 9 kelahiran. Dan sebagian besar bayi kembar yang lahir ini adalah kembar tidak identik, yang dihasilkan dari 2 telur yang dibuahi 2 sperma.

Beberapa bayi kembar tidak identik dapat terlihat sangat mirip, sementara beberapa diantaranya akan berbagi kesamaan, namun bahkan ada juga yang tidak ada kemiripan sama sekali.

Di Indonesia sendiri dahulu banyak anak kembar lahir, namun karena gaya hdup modern, kemungkinan ini banyak menurun.

Apa Yang Dapat Meningkakan Peluang Untuk Mendapatkan Anak Kembar ?

cara hamil kembar

Mendapatkan anak kembar memang sangat sulit dan hanya dapat sedikit sekali dipengaruhi karena termasuk sebuah keajaiban kehamilan.

Namun ada beberapa hal yang ternyata mempengaruhi anda untuk hamil kembar.

Berikut diantaranya :

Hamil di usia lebih tua akan membantu.

Sepertinya kembar yang terjadi secara alami pada wanita yang hendak memasuki masa menopause, dimana ovariumnya akan mulai melepaskan “banyak telur” setiap bulan

Puncak kesuburan ini juga dipengaruhi oleh tingkat hormon estrogen.

Sebuah riset kesuburan membuktikan bahwa kehamilan kembar lebih umum terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 35 tahun.Tapi ini “hanya” berlaku untuk kembar “tidak identik”.

Hal ini juga menjadi catatan dan tantangan, karena pada usia ini, kehamilan pada umumnya lebih sulit terjadi daripada usia 20-an.

Menggunakan Bantuan Obat Kesuburan.

Hal ini akan menyebabkan stimulasi pada ovarium yang akan menyebabkan folikel ovarium mematangkan lebih dari 1 telur setiap bulan.

Hasilnya, akan ada lebih dari 1 telur yang dilepaskan.

Pernah Hamil Sebelumnya

Wanita yang pernah hamil sebelumnya apalagi lebih dari 2, akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk melahirkan anak kembar.

Memiliki Keluarga Besar

Teori ini sepenuhnya berdasarkan matematik saja. Semakin banyak anda melahirkan, maka semakin besar pula kemungkinan anda melahirkan kembar.

Hamil Saat Anda Sedang Mengkonsumsi Pil.

Ini dapat menjadi hal yang sulit, namun ada beberapa kejadian dan kemungkinan dimana seorang yang sedang melakukan kontrasepsi oral dengan pil, justru hamil dan mendapatkan anak kembar.

Ini berdasarkan kemungkinan ya bun, dan tidak direkomendasikan untuk dengan “Sengaja” dilakukan tanpa pengawasan ahli, karena besar resikonya .

Coba Promil Begitu Anda Selesai Melakukan Kontrasepsi Oral / Pil

Teori ini berdasarkan pada kenyataan bahwa pada awal anda menghentikan kontrasepsi pil, tubuh anda sedang dalam masa penyesuaian diri secara hormonal.

Sudah Pernah Memiliki Anak Kembar

Kemungkinan anda memiliki anak kembar, juga meningkat bila anda pernah memiliki anak kembar sebelumnya,

Memiliki Berat Badan Lebih Berat daripada Ringan

Beberapa penelitian mengklaim bahwa wanita yang memiliki Body Mass Index atau BMI lebih dari 30, kemungkinan hamil kembar akan meningkat.

Namun hal ini mungkin bisa terjadi pada masa masa subur puncak anda yaitu berkisar usia 20 – 25 tahun, karena kelebihan berat badan diusia lebih dari 30 tahun akan lebih dikategorikan sebagai obesitas, jadi ini bukan rekomendasi yang menyehatkan.

Wanita Yang Tinggi Lebih Mungkin Melahirkan Kembar

Mengenai tinggi badan, ini pure genetic dan keturunan, jadi bila anda bukan termasuk orang yang tinggi, silakan salahkan nenek moyang anda.

Mengkonsumsi Suplemen Asam Folat Sebelum Hamil

Ini adalah rekomendasi umum untuk mengkonsumsi asam folat sebulan atau beberapa bulan sebelum anda memutuskan untuk hamil. Sedikit banyak, asam folat juga mempengaruhi produksi telur anda.

Minta Pasangan Untuk Mengkonsumsi Tiram

Mitos bahwa tiram dapat digunakan untuk merangsang nafsu birahi bukanlah tanpa dasar. Tiram sangat tinggi akan zinc dan hal ini sangat membantu dalam produksi sperma

Semakin banyak dan sehat sperma yang dihasilkan, semakin besar kemampuannya untuk membuahi sel telur atau 2 sel telur sekaligus bila anda dapat menghasilkannya.

Tidak mungkin juga bila ternyata anda memiliki sel telur yang sehat, tapi tidak juga terjadi kehamilan karena kualitas sperma yang kurang memadai.

Menjadi Kembar

Bila anda sendiri merupakan wanita yang kembar, maka kemungkinan anda memiiki anak kembar juga menjadi lebih besar, tanpa pengaruh dari suami anda karena kembar hanya dari pengaruh sang ibu.

Namun terdapat pula kemungkinan dimana sang ayah yang kembar, akan menurunkan gen kembarnya ke anak perempuannya, dimana kedepan anak perempuannya dapat ikut melahirkan anak kembar pula.

Makan Banyak Ubi Rambat

Ini adalah fakta dimana banyak wanita yang hamil kembar hidup di area dimana ubi rambat adalah bagian dari menu makanan mereka.

Sepertinya ubi rambat secara alami kandungan ubi rambat dapat mempengaruhi fungsi ovarium anda.

Terus Menyusui Bayi Anda Hingga Lebih Besar

Wanita yang menghasilkan prolactin dan sedang menyusui dapat juga meningkatkan kemungkinan hami kembar.

Tapi karena tidak semua wanita dapat segera subur setelah melahirkan, maka hal ini sangat jarang terjadi.

menjadi kembar meningkatkan peluang punya anak kembar

Fakta Dan Mitos Seputar Hamil Kembar

Terdapat banyak mitos yang beredar mengenai hamil kembar. Berikut ini beberapa fakta yang saat ini diberikan oleh para ahli :

  • Peluang untuk mendapatkan kembar tidak identik “tidak sama” pada setiap wanita, namun peluang untuk mendapatkan “kembar identik” adalah sama pada setiap wanita =)
  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan susu dan daging dikatakan dapat membantu, terlebih dikala masa ovulasi, namun ini baru sebatas kepercayaan, belum ada bukti klinis mengenai hal ini.
  • Terapi Alternatif tidak dapat meningkatkan anda mendapatkan hamil kembar. Belum ada bukti sains bahwa akupuntur, naturopati, aromaterapi dll dapat membantu anda hamil kembar.

Memang ada tips dan trik untuk mendapatkan anak kembar, namun kembar bisa dibilang adalah anugerah Tuhan ya bun, dan meski anda tidak mendapatkannya bukan berarti Tuhan tidak menyayangi anda,

Bila anda saat ini sedang melakukan program hamil, ada baiknya fokus untuk mendapatkan kehamilan dulu dan tidak memusingkan bagaimana cara meningkatkan peluang untuk mendapatkan anak kembar.

Bila anda hamil, itulah yang terpenting.

Namun bila anda mendapatkan anak kembar, itu adalah bonus dan anugerah lain dari Tuhan.

Nha, bagaimana dengan promil anda ?

Apakah anda ingin lebih cepat hamil, atau ingin sekaligus dapat kembar ? =)





Intip Isi Buku TIPS HAMIL MAKSIMAL
Saya sudah beli buku ini dan membaca isinya bun. Apakah anda ingin tahu seperti apa kualitas dan isi dari buku ini ?
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 8 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)