Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Ini Manfaat Asam Folat Untuk Program Kehamilan Bunda

Jika bunda sedang melakukan promil, pasti ada beberapa bunda lain yang menyarankan untuk mengkonsumsi asam folat dalam menu bunda.

Asam folat memang sangat penting didalam tumbuh kembang janin dan produksi sel telur, jadi tidak ada alasan untuk bunda tidak mengkonsumsinya =)

APA ITU ASAM FOLAT ?

Asam folat atau folic acid bun, adalah sebuah bentuk vitamin B yang dibutuhkan pada masa program kehamilan dan masa kehamilan.

Asam folat ini banyak diresepkan oleh dokter dan bidan pada ibu yang sedang promil, dan para ibu yang sedang hamil.

MANFAAT ASAM FOLAT 

Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh sel telur dan perkembangan otak janin.

buku panduan tips hamil

Menurut dr Rosdiana Ramli SpOG didalam buku best seller nya “Panduan Cara Cepat Hamil“, mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi asam folat setiap hari secara teratur, akan menurunkan resiko bayi terlahir dengan gangguan perkembangan otak dan syaraf tulang belakang hingga 70%.

( Baca review lengkap saya tentang buku ini disini )

Selain itu manfaat asam folat sebelum hamil juga membantu memperkuat membran sel telur, sehingga kualitas sel telur jadi lebih baik, dan memperbaiki kualitas sperma bila dikonsumsi suami.

Dan Wanita yang mengkonsumsi asam folat memiliki resiko masalah pada produksi sel telur 40% lebih rendah.

APAKAH ASAM FOLAT ITU OBAT CEPAT HAMIL ?

Bukan =)

Jika secara definisi “obat” adalah sesuatu untuk menyembuhkan, maka asam folat tidak termasuk kedalam kategori obat, melainkan termasuk dalam kategori “suplemen” atau makanan tambahan.

Asam folat memang membantu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan namun BUKAN merupakan obat cepat hamil.

DIMANA ASAM FOLAT DAPAT DIPEROLEH ?

Untuk beberapa jenis suplemen Asam folat dapat dengan mudah diperoleh di apotek atau bidan terdekat di lingkungan bunda. Dan untuk beberapa jenis yang kualitasnya lebih tinggi, bisa dibeli di apotek yang lebih besar.

Asam folat juga terdapat didalam makanan alami dan bercampur dengan nutrisi alami lain didalam menu harian anda.

( Baca Juga : 10 Superfood Untuk Menyuburkan Anda dan pasangan )

Berikut ini bun, beberapa merek suplemen asam folat beserta harga asam folat yang beredar di pasaran beserta besar kandungannya.

Folavit

folavit sebagai sumber asam folat

Folavit merupakan merk suplemen asam folat yang paling umum, dan paling banyak digunakan bun.

Selain dijual bebas di apotek, folavit juga bisa dibeli tanpa resep dokter =)

Selain murah, manfaat folavit ini tidak kalah dengan merek suplemen asam folat yang lebih mahal, karena itu tidak jarang menjadi pilihan pertama untuk para bunda yang mencari suplemen asam folat.

Kandungan asam folat tiap tablet : 400mcg Harga : Rp.8000,- sampai Rp. 10.000,- / strip

Silakan beli folavit ini di apotek terdekat di sekitar anda.

Folamil Genio

folamil genio sebagai sumber asam folat

Folamil genio adalah pilihan lain untuk suplemen asam folat yang juga bisa dibeli di apotek.

Berbeda dengan folavit, folamil genio ini dikemas dalam bentuk multivitamin sehingga kandungannya tidak hanya asam folat saja.

Kandungan asam folat tiap tablet : 1mg atau 1000mcg Harga: Rp.150.000,-

Blackmores Folate

blackmores folates sebagai sumber asam folat

Ini adalah suplemen asam folat yang juga dapat menjadi pertimbangan melihat kualitas yang diberikan.

Blackmores Folate menyediakan suplemen asam folat ini dengan isi lebih banyak ( 90 kaplet )

Kandungan asam folat tiap tablet : 500mcg Harga Rp.279.000,-

Natur Plus

nature plus sebagai sumber asam folat

Nature Plus adalah merek suplemen asam folat yang juga tidak asing di Indonesia. Banyak menjadi pilihan para ibu yang sedang melakukan program kehamilan.

Natur plus dapat dibeli di beberapa apotek, suplier resminya atau secara online.

Kandungan asam folat tiap tablet: 400mcg Harga: Berkisar Rp.150.000,-

Fertil Aid

fertilaid sebagai sumber asam folat dan kesuburan

Fertil Aid sebenarnya adalah suplemen penyubur yang memang diformulasikan untuk menyuburkan wanita, mengembalikan keseimbangan hormon, melancarkan menstruasi dan mengoptimalkan kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Fertil Aid ini juga hadir dalam bentuk suplemen penyubur untuk pria.

Kandungan asam folat tiap tablet : 600mcg Harga: Rp.530.000,-

jangan lupa asam folatnya ya

Asam folat memang sangat penting dan banyak direkomendasikan para petugas kesehatan terutama dokter dan bidan karena manfaatnya untuk perkembangan janin.

Anda dipastikan akan mendapatkannya saat memeriksakan kesuburan ke dokter, terutama bila anda bun, tidak bisa atau tidak tahu cara menghitung masa subur anda sendiri.

BERAPA KALI HARUS DIMINUM ?

Asam folat, cukup diminum 1x dalam sehari saja.

Minum lebih dari 1x tidak memberikan efek lebih baik, karena dosis yang diberikan memang sudah dicukupkan untuk kebutuhan tubuh akan asam folat untuk 1 hari.

Tubuh hanya membutuhkan 400mcg asam folat setiap hari.

Jadi misalkan anda mengkonsumsi asam folat dosis tinggi seperti folavit 1000 mg untuk promil, maka sisanya justru akan dibuang oleh tubuh.

Di artikel ini, saya jelaskan resikonya bila anda terlalu banyak mengkonsumsi asam folat atau overdosis asam folat.

Silakan dibaca juga bun.

Bagaimana Aturan Minum Asam Folat Untuk Program Hamil ?

Folavit adalah makanan tambahan dan BUKAN obat.

Jadi bisa dikonsumsi dengan aman tanpa resep dokter, selama sesuai dosis yang dianjurkan ( 1x sehari ).

minum suplemen asam folat cukup 1x sehari

minum suplemen asam folat cukup 1x sehari

APAKAH DENGAN MINUM SUPLEMEN INI BISA HAMIL ?

Manfaat folavit 400 mg untuk program hamil ini sebenarnya adalah suplemen tambahan untuk mengurangi resiko cacat pada bayi dan memberikan nutrisi dan kekuatan pada membran sel telur.

Jadi asam folat tidak secara langsung menjamin anda untuk segera hamil, namun  ”sangat mendukung” terjadinya kehamilan karena sangat baik untuk sel telur dan pertumbuhan janin.

Jadi fungsi sebenarnya bukanlah sebagai penyubur.

Meski bisa diberikan tanpa resep dokter, meminum lebih dari dosis yang dianjurkan tidak akan membawa peluang lebih tinggi untuk anda hamil.

justru sebaliknya, sisa konsumsi yang telah diminum hanya akan dibuang lewat saluran pembuangan.

Efek samping asam folat juga akan muncul bila asam folat ini digunakan secara berlebihan melebihi dosis yang dianjurkan.

Jadi sebaiknya ikuti dosisnya, atau hanya akan sia sia saja =)

Salah satu cara cepat hamil setelah haid selesai, juga adalah dengan menggunakan asam folat ini dengan teratur.

Suplemen ini juga aman dan tidak mempengaruhi siklus haid anda.

Jika anda punya masalah dengan hormon yang tidak seimbang dan siklus haid yang tidak teratur bun, lakukan terapi penormalan hormon dengan herbal ini.

LALU APA MEREK ASAM FOLAT YANG BAGUS UNTUK PROMIL ?

Sebenarnya, apa yang bagus dari suplemen ini adalah “kandungan” asam folatnya bun, dan BUKAN mereknya.

Jadi merek apapun, selama kandungannya sama yaitu asam folat, maka sama sama bagus.

Pastikan saja kandungannya sesuai yang anda butuhkan, karena tiap merek memiliki kandungan asam folat yang berbeda-beda.

APAKAH AFOLAT JUGA SAMA DENGAN ASAM FOLAT ?

Ya, afolat juga adalah suplemen asam folat.

Namun berbeda dengan suplemen asam folat yang kita bahas diatas, afolat ini lebih diperuntukkan untuk ibu hamil dan menyusui.

Bentuknya seperti ini :

Fungsi dan Manfaat Afolat

Wujud Afolat Untuk Ibu Hamil

Perbedaannya, terletak pada “komposisi” dan “kandungan” asam folatnya saja.

HARGA AFOLAT DI APOTEK 

Karena bentuknya multivitamin bun, maka harga afolat ini umumnya lebih mahal dari suplemen asam folat saat promil.

Untuk harganya berkisar dari 50.000 – 150.000 tergantung banyaknya dan berapa lama anda akan mengkonsumsinya.

Silakan coba tanyakan ke apotek terdekat di daerah anda =)

SELAIN SUPLEMEN ASAM FOLAT HARUS KONSUMSI / MELAKUKAN APA LAGI ?

Alangkah baiknya jika bunda selain mengkonsumsi folavit, juga mengkonsumsi makanan tambahan lain seperti susu persiapan kehamilan, mengecek kesuburan bunda dan suami, serta memeriksakan seluruh organ reproduksi bunda dan suami untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik dan berfungsi optimal di dokter.

Terdapat juga beberapa jenis makanan alami yang mengandung asam folat yang bisa anda beli di pasar atau supermarket terdekat.

Dengan memasukkan asam folat didalam program kehamilan bunda, maka bunda sedang meningkatkan prosentase keberhasilan program kehamilan bunda.

Silakan mulai dari hari ini untuk mengkonsumsi suplemen ini untuk keberhasilan promil anda karena suplemen ini mudah didapat.

Gabungkan dengan berbagai makanan penyubur kandungan, maka peluang anda untuk hamil, akan meningkat beberapa kali lipat.

Nha, kira-kira suplemen asam folat mana yang ingin anda pakai bun ?

Silakan pilih sesuai kebutuhan =)

Ada pertanyaan, silakan tulis dibagian komentar.




MASIH SULIT HAMIL ?
Buku ini dapat membantu anda mengarahkan promil anda kearah yang benar agar anda cepat hamil.
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya =)

90 thoughts on “Ini Manfaat Asam Folat Untuk Program Kehamilan Bunda

  1. Malam bun.. Saya mau coba promil dengan Folavit dan Ever-E, dan rencananya mau ditambah dengan madu penyubur kandungan dari AL MABRUROH juga, yg mau saya tanyakan boleh tidak konsumsi madunya atau dibarengi selama promil bun jika sudah promil dengan Folavit dan Ever-E nya ?

    Dan semua jenis produk diatas boleh tidak bila dikonsumsi saat haid, atau bagusnya setelah haid dan masa subur ?

    Terimakasih banyak bun.. =)

    • Boleh bun =)
      Bisa dikonsumsi bersamaan dalam sehari, masing2 satu kali saja dalam sehari.
      Bisa diseling misalnya pagi madu, siang folavit sore ever E.
      Bisa dikonsumsi kapan saja =)

  2. Slamat Pagi mba,
    Mba saya mau bertanya.mungkin saya juga punya nasib yg sama dari sekian keluarga baru yang belum punya momongan…
    Emang sih aqu dan dianya belom pernah periksa.disini saya saya hanya ingin bertanya,kenapa yah jika qt berhubungan contohnya saat ini berhubungan badan,pas besok atau lusa nya mau berhubungan lagi,vagina istri saya seperti keputihan yg di sebabkan cairan sperma saya sebelumnya…
    apa itu suatu hal yang biasa atau gmn yah mba?

    • Umumnya sperma akan LANGSUNG keluar dalam 5-10 jam pak setelah berhubungan, maksimal 1×24 jam. Dan keluarnya pasti akan “cair” atau “encer”.
      JIka keluarnya tidak cair atau tidak encer seperti air, maka bisa dipastikan itu bukan sperma, melainkan cairan keputihan.
      Jika keputihannya tidak berbau menyengat dan tidak menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal atau perih, sebenarnya masih wajar =)

  3. Bun…saya mau tanya. Karena suami saya tugas diluar jawa dan saya tidak ikut tinggal disana jadi kami hanya bertemu 1 atau 2 bulan sekali. Apakah saya bisa menjalankan promil misalnya minum madu penyubur/mnum asam folat dari sekarang?

    • TEntu saja bisa bun.
      Intensitas memang menyumbangkan kesuksesan promil. tapi yang terpenting adalah KUALITASnya.
      JAdi meski ketemu sebulan 2 bulan sekali, jika tubuh sehat dan organ reproduksi berfungsi normal tidak ada masalah, maka tetap kemungkinan hamilnya juga besar =) Asam folat dan madu bisa diminum dr sekarang.

  4. Bun.. afolat ti warnanya emg beda” ya?
    Afolat400mg.. pertama beli online wrnanya putih
    Trs Aq cari d apotek samaa bntuknya dr luar tp warna pilnya itu pink ga putih..
    Itu knp ya bun? Aman kah?

    • Kaplet asam folat itu bermacam2 mereknya bun, dan tiap merek bisa berbeda warnanya.
      Yang terpenting adalah anda mendapatkannya dari sumber yang terpercaya seperti apotek resmi, dan mengandung asam folat yg memadai (400mcg).
      JIka didapatkan dari apotek yg resmi, Insha Allah aman =)

  5. Bun, aq skrg lg promil. Kt dr ada kendala di ukuran sel telur aq. Ma dr dkasih santa e ma oxivel. Tp udah 2x siklus blm ada peningkatan uk sel telur. Sama dr disuruh cek hormon di lap tp hrs nunggu mens hr k2. Sedang mens aq ga pasti tiap blnnya. Ni aja aq udah ga mens 1 bln. Ada ga obat biar bs mens agar aq bs cek lab. Mksh…maaf panjang bgt curhatnya

    • Untuk memicu mens, ada obat yg bisa diresepkan oleh dokter bun, tapi ini HARUS memakai resep dokter tidak bisa dibeli bebas.
      Setelah minum itu nanti anda akan mens.

      Tapi, itu mens nya tidak alami alias dipicu dan sebaiknya digunakan HANYA jika diperlukan saja.
      Silakan kunjungi dokter anda untuk minta izin tentang hal ini, apakah anda boleh menggunakan obat pemicu mens agar bisa cek lab.

  6. bunda, sy pernah hamil anggu & kemoterapy… skrg sudah 2 thn sy b hamil juga… haid sy gx teratur, sy sudah minum Bio E 200 & folavit 400 tiap hari utk Promil… tp blm hamil juga, apakah siklus haid sy mempengaruhi kesuburan sy, apa obat utk mengatur siklus haid sy bun… makasih..

    • Siklus haid memang berpengaruh pada promil bun, karena jika tidak teratur akan mengakibatkan masa subur susah dideteksi.
      Folavit dan BIO E tidak bisa dipakai untuk hal ini.’

      Coba gunakan madu penyubur al mabruroh atau kaplet wulandari sari ayu secara teratur.

      Pilihan lain, bisa terapi hormonal lewat dokter SpOG =)

  7. Saya nikah bulan September 2016 Bun,tapi sampai sekarang blm hamil.
    Denger Dr temen2 sih disuruh konsumsi folavit,ovacare (untuk cewek) sama oligocare(untuk cowok).
    Akhirnya saya beli semuanya Bun karena bingung mana yg bagus.
    Untuk minumnya apa sehari saya bisa minum keduanya (folavit dan ovacare dgn dosis masing2 400mcg) atau lbh baik diselang seling ya Bun?
    Kalo utk suami saya belikan yg oligocare. Itu bagus juga nggak sih bun kandungannya?
    Terimakasih.

    • Folavit itu suplemen asam folat.
      Sementara ovacare adalah semacam multivitamin penyubur.

      Diminum tidak apa2, sebaiknya diberi jeda.

      Coba cek di tabel komposisi ovacernya, jika sudah mengandung asam folat, maka folavitnya tidak perlu diminum lagi.

  8. Dear bun, saya lg promil, sy dikasih proxidan utk sebulan dan profertil (diminum saat ms subur saja 4bh). yg mau sy tanyakan kedua jenis obat itu utk apa? Dan apakah boleh saya minum proxidan barengan sm folavit? krn slma ini sy komsumsi folavit sndiri tanpa resep dokter.

    Trm ksh…
    Sheva

    • Proxidan itu sejenis vitamin E bun, untuk menangkal radikal bebas dan membantu kualitas sel telur.
      Sementara profertil adalah penyubur.

      Folavit boleh diminum bersamaan, dan maksimal sehari sekali saja.

      dan beri jeda dalam meminumnya =)

  9. assalamu’alaikum., selamat siang bun,, saya mau bertanya, January 2017 kemarin saya post kuret.. skrg boleh kah saya konsumsi folavit+ nuriskhin berbarengan ?

  10. Assalamu’alaikum.. selamat siang bunda,, saya mau bertanya, saya Januari 2017 post kuret, bolehkah saya konsumsi folavit dan nuriskhin bersamaan ?

  11. Saya sudah setahun lepas kb dan ingin sekali menambah momongan..tetapi stelah lepas kb haid saya jdi tdk teratur.. apa bisa saya lgsung mengkonsumsi asam folat atau hrs kontrol ke dokter terlebih dahulu.. terima kasih bun..

    • Asam folat bisa langsung diminum tidak ada masalah.
      Untuk promil sebaiknya mulai dengan menormalkan siklus dl karena begitu lepas KB maka hormon akan melakukan penyesuaian dan ini membutuhkan waktu berminggu-minggu.

  12. Bund,, aturan Minum Asam folat dan Natur E, , sebaiknya setelah Makan Atau Sebelum Makan ..???

    Dan Apakah bisa di minum secara bersamaan..??

  13. Saya mau tanya dok apakah kegamilan terjadi suami dan istri harus sama2 ejakulasi dok?
    Kalo yg ejakulasi si suami doank apa kehamilan bisa terjadi?
    Mohon penjelasannya dok

    • Untuk hamil, hanya suami yang perlu ejakulasi karena saat itulah sperma dikeluarkan.
      Wanita tidak perlu.

      Tapi jika bisa ejakulasi bersamaan itu akan meningkatkan kualitas hubungan badan karena sama2 menikmati.
      Dan cairan ejakulasi anda akan mempermudah sperma suami untuk berenang menemui sel sperma =)

  14. Bund mau tanya saya ikut promil sy minum folavit dan madu penyubur,,, dan suami sy minum madu sp dan natur e… Sebnernya saya wajib minum natur e juga gak ya dan suami sya juga apa harus minum folapit makasih…

  15. Ass
    Mlm bun. Saya mw tanya saya jga mw ikut promil untuk anak ke 2 tetapi beda suami. Saya dh nikah hampir 2 tahun tp blm da tanda2 nya untuk hamil. Yang saya mw tanya kan apakah bisa saya promil memakai afolat ato yg lainnya.
    Mksh

    • Afolat itu suplemen asam folat yang memang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama promil bun, tapi bukan penjamin terjadinya hamil.
      Dia hanyalah pelengkap saja.

      Saran saya, jika belum diketahui sumber masalahnya, coba anda cek hormon dulu ke dokter, sementara suami cek sperma dulu.
      Baru nanti diketahui sumber masalahnya dimana =)

  16. Bun.. saya kan lg promil diberikan folavicap 1000mcg & provertil 50mcg & ada obat satu lg, namanya gak keliatan soalnya udh di potong 1/4 kalo ini kegunaan nya apa ya yach bun… tks

  17. Siang bun, saya lagi persiapan hamil nih saya di kasih vitamin DAY CAL sama FOLAVICAP 1000 bun sama dokter kandungannya itu kan dosisnya 1000 bun bagusan mana sama Folavit yang 400 bun? Minum prenagen essensis perlu juga enggak bun?

    • Sebenarnya kebutuhan asam folat harian saat promil adalah 400mcg bun.
      Jika dokter memberikan dosis yang lebih, tentunya pasti ada alasan dibaliknya.

      Untuk hal ini sebaiknya ditanyakan langsung ke dokter yang memeriksa anda dan memberikan resepnya.

      Prenagen esensis adalah susu untuk persiapan promil yang kandungannya adalah nutrisi serta multivitamin yang mendukung promil bun, jadi sebaiknya tetap dikonsumsi =)

      • Terus bun makanan apa saja yang sebaikny dihindari agar cepat hamil dan apa hang sebaiknya dikonsumsi bun, saya menikah sudah 6 bulan bun tidak KB tapi belum hamil juga dan kemarin USG transvaginal hasilnya semua normal dan baik baik saja bun

        • Apa sperma suami sudah dicek ke lab bun ?

          Makanan tidak begitu banyak mempengaruhi kok dalam jangka pendek, kecuali pola makannya rusak berat.
          Semua makanan hijau dan bergizi sudah cukup membantu promil.

  18. Bun , aku promil , kalo natur e sama folaxin gmana cara minumnya ??? Takutnya jd overdosis ??? Atau mgkin ada saran lain ???

    • Kandungan Nature E:
      Vitamin A 8000IU
      Vitamin C 120mg
      Vitamin D 400IU
      Vitamin E 60IU
      Vitamin B1 3mg
      Vitamin B2 3.4mg
      Niacin 40mg
      Vitamin B6 4mg
      Folate 800mcg
      Vitamin B12 12mcg
      Biotin 600mcg
      Panthotenic Acid 20mg
      Calcium 162mg
      Iron 18mg
      Phosporus 125mg
      Iodine 30mcg
      Magnesium 100mg
      Zinc 7.5mg
      Copper 4mg

      Kandungan Folamil Genio

      Folic acid 1 mg
      Vitamin B1 3 mg.
      Betacarotene 10.000 IU
      Nicotinamide 20 mg
      Vitamin B2 3,4 mg.
      Calcium-carbonate 100 mg.
      Vitamin B6 2 mg.
      Calcium D-pantothenate 7,5 mg
      Vitamin D3 400 IU
      Vitamin K1 50 mcg
      ARA (arachidonic acid) 8 mg
      Biotin 30 mcg
      Vitamin B12 4 mcg.
      Copper gluconate 0,1 mg
      Iron Polymaltose Complex (IPC) 30 mg
      DHA (docahexaenoic acid) dare algae 40 mg

      Keduanya adalah multivitamin yang bagus bun, jadi sama2 bagus.
      Pilih saja salah satu, karena khasiatnya tidak jauh berbeda =)

  19. Selamat pagi.. Salam kenal bunda.
    Bun aku pernah kuret tgl 2/12/16 kehamilan 10w. Konsultasi ke dokter bila promil silakan minum folamil genio, itu bisa untuk suami gak bun? Dan untuk santa e apakah aku perlu konsumsi juga bun seingay aku sudah pernah keguguran 1x dan ket. Mohon penjelasannya bunda. Terimakasih

    • Folamil genio itu multivitamin lengkap bun, termasuk kandungan asam folatnya juga jadi ada baiknya suami juga minum untuk kualitas spermanya.
      Nature E, juga sebaiknya diminum bila memang sudah terlanjur beli =)

  20. Bun aku sudah 1 tahun menikah tpi masih blum d kasih momongan..sekarang aku lg promil dengan natur e folavit dan susu prenagen esensis..aturan minum nya gmna ya??dan apakah natur e sama folavit bisa untuk suami saya????

  21. selamat siang bun mau tanya …
    aq pengen banget hamil lagi … bulan maret kemarin aku habis keguguran dan sampek sekarang belum hamil lagi…trus sama temen yang kerja diapotik aku disaranin untuk komsumsi folavit sama santa e yg 400 … menurut bunda gimana? terimakasih

    • Folavit itu vitamin asam folat yang memang umumnya dianjurkan saat promil.
      Sementara santa e adalah suplemen vitamin E yang juga membantu dalam menyehatkan rahim dan sel telur.

      jadi keduanya boleh dipakai bun.

      Kalau memang sedang promil, keduanya wajib dikonsumsi selama sedang promil.

      Lanjutkan saja :)

  22. Bun mau tanya, apakah folavit bisa diminum bersamaan dgn Fertil Aid. Klu mau minum fertil aid, baiknya pd saat mana bun setelah haid atau sembarang aja?? Mohon penjelasannya bun, terima kasih banyak.

    • Boleh bun.
      Keduanya adalah suplemen dan tidak saling mengganggu.

      Tapi kalau ingin merasa nyaman meminumnya bisa diseling dalam beberapa jam.

      Fertil aid bisa diminum kapan saja, bahkan saat sedang haid :)

  23. pagi bunda…
    ak baru promil mnum folavit sama susu prenagen esnsis…
    mnurut bunda aturan mnumnya gimana..? boleh kah dminum secara bersamaan…?
    karena kedua.ny mengandung asam folat.

    • Pagi =)

      Folavit kan hanya diminum sekali sehari.
      Sementara susunya bisa lebih.

      Jadi disesuaikan saja bun.
      Kalau bsa jangan bersamaan, tapi di beri tenggang waktu 1-2 jam.

      Asam folat kalau kelebihan juga akan terbuang kok =)

  24. Bun mau tanya, aku udh dua tahun nikah, dan skrg lg promil,suami minum dalfarol 200iu kalo aku folafit 400mcg, kan katnya kalo untuk promil min harus 400 yaa, suami aku kasih yg 200 , itu bagaimana bun, apa harus diganti , soalnya dalfarol 400 agak susah carinya ..
    Trimakasih bun ..

    • Yang 400 itu asam folatnya bun, bukan dalfarolnya.
      Untuk folavit, minimal memang 400mcg sehari.

      Sementara untuk dalfarol, karena ini obat terapi jadi harus sesuai dengan dosis yang diberikan dokter, tidak boleh menambah atau mengurangi dosisnya sendiri.

      Jadi, ikuti saja apa yang sudah dokter anda dosiskan =)

      Untuk jaga2, suami juga boleh minum asam folatnya.

  25. Bun,mau nanya.
    Saya lgi program.minum folavit&ever E.sih..
    Tp,krna baca info tentang afolat.jadi tertarik.
    Tp,maaf klw saya salah.
    Di atas.bilangnya.Afolat lebih teruntuk bumil & busui ya.
    Jadi,kurang untuk promil ya bun
    Jadi,lbih bagus mana ya bun?
    Makasih… :)

    • Sebenarnya komposisinya sama saja kok bun, hanya banyaknya bisa jadi yang berbda.
      Kebutuhan asam folat saat promil dan hamil tentunya berbeda,

      Saat promil hanya butuh 400mcg, sementara saat hamil bisa sampai 800mcg karena dibagi dengan bayinya.

      Kalau saat promil minum yang 800mcg sia2 karena sisanya hanya akan terbuang saja =)

  26. Maaf sy mw tanya.kmarin sy promil sukses tp umur 6 minggu keguguran spontan.tanpa kuret.skrng rahim sdh bersih krn udah cek ke dokter.krn takut rahim blm siap jdi sy pasang suntik kb 1 bln.rencanax lepas sebulan ini sy udah mw promil lagi’,bsa ga sy konsumsi asam folatx meskipun udah suntik ???pengaruh ga sm promil sy nanti???

    • Asam folat bisa diminum kapan saja bun, dan tidak akan pengaruhi meski suntik KB.
      Karena yang membutuhkan asam folat bukan hanya promil.

      Tulang, rambut, kulit dll di tubuh anda juga butuh asam folat :)

  27. Bun mau tanya.. saya sedang promil dan diresepkan oleh dokter folavit dan natur plus.. tetapi tidak dijelaskan di resepnya natur plus jenis yg mana.. apakah natur plus folic acid hearts seperti di atas atau ada natur plus lain seperti natur plus prenatal yg digunakan untuk promil? Kemudian apakah tidak apa2 jika sudah minum folavit kemudian minum natur plus jg karena kandungannya berupa asam folat jg?

  28. Bun mau tanya..saya kmr lihat online ada yg jual suplemen program kehamilan Afolat namanya. Apakah itu jg bagus ya bun?itu jg dijual bebas secara online tanpa resep dokter. Bagaimana dgn obat Afolat itu bun, apakah jg rekomen untuk dikonsumsi?terimakasih

    • Afolat itu singkatan dari “asam folat” bun, dan itu bukan obat.
      Asam folat adalah suplemen atau makanan tambahan untuk asam folat.

      Dan asam folat memang diperlukan selama promil, karena baik untuk pertumbuhan janin dan baik untuk sperma.

      suplemen makanan bebas diminum tanpa resep dokter :)

    • Semua merek sebenarnya sama saja kok bun, karena kandungan asam folatnya sama.
      Yang membedakan hanyalah kuantitasnya.

      Selama promil, hanya dibutuhkan 400-800mcg saja setiap harinya, dan selama hal ini tercukupi, maka merek apa saja boleh =)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 12 + 15 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)