Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Mengapa Hasil Test Pack Samar ? Ini Penjelasannya !

Buat bunda yang sedang promil, mendapatkan hasil test pack samar saat melakukan test kehamilan bisa jadi adalah sebuah hal yang mendebarkan ya bun.

Perasaan harap harap cemas pasti akan terasa saat hasil test pack garis kedua samar.

Apakah arti dari hasi test pack yang tidak akurat ini ?

Apakah ini berarti hasilnya negatif ?
Atau malah sebenarnya positif ?

Nha, baca terus artikel ini karena saya akan jelaskan semuanya =)

hasil test pack samar

Sebelumnya, kita ketahui dulu, apa yang sebenarnya terjadi saat bunda melakukan test kehamilan ya, biar lebih paham dan jelas dulu.

YANG SEBENARNYA DI CEK SAAT TEST KEHAMILAN DENGAN TESTPACK

Sebenarnya bun, apa yang anda lakukan saat melakukan testpack atau test kehamilan, adalah mendeteksi sebuah hormon yang disebut dengan hormon HCG.

Hormon HCG atau kepanjangannya Human chorionic gonadotropin ini, adalah sebuah hormon yang dihasilkan HANYA pada masa pembentukan embrio, serta terbentuk pada pembentukan plasenta.

Jadi hormon ini HANYA akan dihasilkan bila tubuh anda sedang memproduksi seorang bayi alias sedang hamil =)

terbentuknya hormon hcg di awal kehamilan

Nha, fungsi sebenarnya dari testpack adalah, mendeteksi seberapa banyak volume dan kuantitas hormon ini, lewat air seni, karena hormon ini akan keluar dan bercampur dengan air seni =)

Jika hormon HCG ini terdeteksi oleh test pack, maka test pack tersebut akan menampilkan hasil positif atau menunjukkan 2 GARIS.

Sementara bila hormon ini belum terdeteksi karena belum terbentuk, maka test pack akan menunjukkan hasil NEGATIF atau 1 GARIS.

TETAPI MENGAPA KADANG HASIL PADA TEST PACK SAMAR ?

Nha, ada beberapa hal yang mempengaruhi hal ini ya bun, jadi anda tidak perlu bingung karena ini adalah hal yang sangat normal =)

Apa saja penyebabnya ?
Berikut beberapa diantaranya :

PENYEBAB 1: ANDA MELAKUKAN TEST TERLALU CEPAT

Terkadang karena saking penasarannya, banyak bunda yang melakukan test kehamilan ini terlalu cepat atau sebelum waktunya.

Misalnya, baru telat 2-3 hari, langsung melakukan test.

Hal ini menyebabkan deteksi hormon HCG nya tidak maksimal, karena memang belum banyak hormon yang terproduksi.

Kalaupun sudah hamil, maka embrio baru saja “AKAN” terbentuk sehingga hormon HCG nya BELUM terproduksi dengan maksimal.

Saran dari saya bila bunda menemukan hasil tespek samar karena melakukan test terlalu cepat, coba lakukan test ulang seminggu – 2 minggu kemudian, untuk hasil lebih akurat, terlebih bila bunda pernah keguguran sebelumnya.

PENYEBAB 2: SALAH MENGAMBIL AIR SENI

Menurut anjuran dari dokter, air seni terbaik yang bisa dipakai untuk melakukan test kehamilan, adalah air seni di pagi hari setelah bangun tidur.

Itupun yang dipakai BUKAN air seni yang pertama kali dikeluarkan ya bun, tetapi air seni KEDUA.

Artinya, bila bunda mau melakukan test kehamilan di pagi hari, keluarkan dan buang dulu sedikit air seni anda, baru kemudian ambil sample air seni yang keluar setelahnya.

Kadang hasil test pack menjadi samar karena banyak bunda tidak memahami hal ini.

Meskipun hasilnya tidak banyak berbeda, tapi hal ini dapat memberikan tambahan keakuratan pada hasil test pack bunda.

PENYEBAB 3: AIR SENI TERLALU KENTAL ATAU ENCER

Air seni yang terlalu kental atau encer, juga dapat mengganggu deteksi dari hormon HCG yang terkandung didalamnya.

Untuk bunda yang banyak beraktifitas dan kurang mengkonsumsi air putih, maka bisa jadi air seni anda akan sangat pekat dan berbau.

Hal ini dapat mengaburkan deteksi hormon HCG yang terdapat didalamnya, sehingga hasil testpack samar.

Demikian pula untuk air seni yang terlalu encer karena banyak minum, kandungan hormon HCG nya akan kalah oleh kuantitas air seni itu sendiri.

Minum air putih memang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk siapapun, namun bila anda ingin melakukan test kehamilan dengan test pack, ada baiknya anda jangan minum terlalu banyak, atau terlalu sedikit ya bun.

PENYEBAB 4: ALAT UJI RUSAK ATAU TIDAK BERKUALITAS

Pada beberapa kasus, hasil test pack samar juga bisa disebabkan oleh alat test kehamilan yang memang tidak berkualitas karena suatu hal seperti rusak selama penyimpanan, kadaluarsa, dan lain lain.

Bila anda mendapatkan hasil test pack anda samar, ada baiknya melakukan test ulang 2x – 3x untuk memastikan bahwa alat yang bunda gunakan memang akurat dan tidak rusak.

Karena itu, pastikan anda mengetahui cara menggunakan alat test kehamilan dengan benar.

PENYEBAB 5: SALAH DALAM PENGGUNAAN

Ada sebagian kecil dari para bunda yang menggunakan alat test kehamilan ini, hanya berdasarkan dari petunjuk teman saja. Padahal setiap alat test kehamilan dari brand atau merek yang berbeda, dapat memiliki aturan cara pemakaian yang berbeda pula.

Bila anda melakukan test kehamilan dengan test pack yang berbeda merek, pastikan bunda membaca aturan pemakaiannya dan mengikutinya dengan benar ya bun.

Karena bila salah dalam pemakaian, hasilnya juga menjadi kurang akurat sehingga hasil test pack samar.

BILA HASILNYA POSITIF

test kehamilan terlalu cepat

Ini adalah saat bagi anda untuk mengucapkan syukur dan merayakan keberhasilan ini dengan pasangan =)

Akhirnya jerih payah anda dan pasangan, membuahkan hasil.

Tapi perjuangan anda belum selesai, karena kedepan, bunda harus mulai menjaga agar tidak terjadi apa apa dengan buah hati anda yang sedang berkembang ini.

Pastikan anda melakukan bedrest dan tidak melakukan hal hal yang dapat menyebabkan hal tidak diinginkan seperti keguguran dan yang lain.

BILA HASILNYA NEGATIF

Hasil negatif bukanlah selamanya negatif.

Ini hanyalah sebuah penundaan sementara dari Tuhan, untuk menguji seberapa bunda layak untuk mendapatkan anugerah kehamilan dari Tuhan =)

Yang terpenting, jangan berlarut larut didalam kekecewaan apalagi sampai stress dalam menanggapi hal ini, karena stress justru akan memperburuk keadaan, dan makin menurunkan peluang anda untuk hamil di promil selanjutnya.

Bila perlu, baca dan ikuti buku panduan tips hamil ini, agar promil anda berada di jalan yang benar, jadi anda tidak membuang waktu lebih banyak lagi.

Karena seiring usia, semakin kecil peluang kita untuk bisa hamil.

Kunjungi halaman depan www.programkehamilan.net ini bila anda ingin melihat  seperti apa panduannya.

dokter tersenyum

Sekarang bunda tahu bahwa hasil testpack samar bukanlah hal yang patut untuk dikhawatirkan atau di pikirkan ya bun.

Anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan bila test pack anda memberikan hasil samar.

Bila bunda merasa artikel ini menjawab pertanyaan anda, tolong saya untuk meneruskan informasi ini kepada bunda lain yang mungkin juga membutuhkan =)

Dan bila bunda punya pertanyaan seputar hasil test pack samar ini, jangan sungkan untuk menuliskannya dikolom komentar di bawah.

Kita diskusikan bersama =)




MASIH BINGUNG BAGAIMANA PROMIL YANG BAIK?
Dokter ini dapat membantu anda mengarahkan promil anda kearah yang benar agar anda cepat hamil. Gratis konsultasi juga.
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa panduannya =)

108 thoughts on “Mengapa Hasil Test Pack Samar ? Ini Penjelasannya !

  1. Assalamualaikum, mba saya mau tanya, saya udh tp hasilnya positif, stlah itu saya lngsung ke budan dn dikasih asam folat, stlh 5 hari malah keluar flek coklat, lalu saya usg kata dokter udh kelihatan kantung rahimnya, stlah sehari usg malah keluar darah smpe sekarang sudh 3 hari, lalu saya tp lgi hasilnya dua garis yg satunya samar, itu gmna ya mba

  2. Bun mau tanya nih, Saya haid terakhir tanggal 30 Juni dan selesai tanggal 7 Juli. Td pagi di Tespek 2 garis namun garis satunya samar… Perkiraan q sih haid q berikutnya tanggal 7 Agustus, tapi 4 hari lalu saya minum kopi dan ada bercak coklat kaya orang mau menstruasi tp cuma sehari saja. Kira2 saya hamil atau gimana yah…
    Cz pernah keguguran 5 bln yg lalu.

    • Untuk hamil tidaknya blm bisa dipastikan tanpa testpack bun.
      Tapi untuk testpack juga masih terlalu dini, jadi tunggu setidaknya setelah telat 7-10 hari untuk anda lakukan testpack.

      Semoga saja hamil :)

  3. Hello kak,
    Aku HPHT tgl 19 Juni. di tgl 7 & 8 Juli aku coba TP tapi hasilnya negative. Lalu tgl 9 Juli ada keluar bercak flek cokelat tetapi cuma sedikit dan cuma sehari. Tgl 21 Juli-nya aku TP dan hasilnya 2 garis (1 garis pekat & 1 garis agak samar). Apakah itu pertanda hamil atau tidak?
    Terimakasih

    • TP itu fungsinya mendeteksi hormon hCG yang terbentuk saat terjadi awal kehamilan.
      Jika masih samar artinya blm valid dan harus ditest ulang beberapa hari kemudian untuk memastikan, saat hormon HCG nya lebih banyal :)

  4. pagi kak. saya mau tanya tgl 31 mei saya tespek hasilnya positif, tp tgl 6juni saya keluar darah dan tespek ulang langsung negatif. setelah itu sampe skrg saya belum haid lagi. kemarin iseng2 di tespek hasilnya garis 2 tp yg satunya samar. apakah itu bisa di katakan hamil? trimakasih

  5. Dok utk waktu tespek kan dianjurkan ambil urin kedua stlh bangun tidur, itu setelah buang urin pertama boleh minum air?

  6. Dok sy sebelumnya pernah keguguran usia kehamilan 11w itu 1 tahun yg lalu, skrg sy telat 12 hari kmrn sy test itu muncul 2 garis tp yg satu remang2 tipis tp terlihat,apakah itu pertanda sy positif atau tdk dok? krn sy sngt berharap akan kehamilan.

  7. Pagi kak
    Mau tanya ni,, istri sy haid terakhir tgl 27-05-2017,,pas TP tgl 30 hasilnya 2 tapi samar,, lalu periksa ke bidan info nya hamil diberi obat mual dan vitamin,, tgl 5 nyoba test lagi hasil sudah mulai jelas 2,,nah tgl 11-06-2017 malam kami berhubungan,keluar didalam,, pagi nya istri keluar darah segar n ada lendir nya kak,, cek ke dokter kandungan, di usg kata dokter blm kelihatan kantung rahim nya kalo ga salah,, terus pas tgl 12-06-2017 TP hasilnya 2 cuma yg satu ga tebel hasilnya,, tipis cuma jelas kelihatan,,
    Kira-kira knp itu ka? Soalnya takut, ad riwayat keguguran jg tahun kemarin,, apa darah yang keluar itu membahayakan?
    Bagaimana tips n solusi nya?
    Terimakasih

    • Saat melakukan test pack itu belum ada bayinya sama sekali pak, jadi tidak akan terjadi keguguran =).
      Kemungkinan itu adalah darah implantasi atau bisa juga darah haid yang keluar akibat kontraksi rahim karena efek sperma.

      Tidak berbahaya kok =)

  8. dok saya mau nanya . terakhir berhubungan sama misua 1 feb dan bln maret saya masih haid smpai dengan bulan mei dok . nah selama bulan maret sampai mei saya rutin untuk minum obat pelangsing sampai sekarang ,nah tempat 3 hari yg lalu tgl 7 juni jadwal haid saya terlambat . saya coba coba pake tespek dan hasil satu garis terang satu garis samar samar . apakah itu bisa dikataan saya hamil dok . dilihat dari saya terakhir berhub.n sama misua 1 feb

  9. Selamat sore bunda, saya mau tanya. Sy biasanya haid kan akhir bln, dan terakhir itu maret akhir sampe awal april. Lalu setelah itu sy blm haid lg sampai sekarang, tadi sy test hasilnya muncul dua garis tp yg satu samar. Tp sy ga mengalami morning sickness atau ciri ibu hamil, bakan berat badan sy menurut. Apakah besar kemungkinan sy memang hamil? Terimakasih

  10. Bunda, saya udah telat sebulan, harusny mens bulan mei tanngal 9 namun sampai hari ini (juni tgl 4) belum mens lagi. Udah TP kemarin pagi, tapi hasilnya samar, padahal sudah urin pagi, udah bener bener ikutin prosedurny. Kayak ada tanda tanda hamil, tapi saya masih ragu, gimana ya?

  11. Saya mau nanya mba istri saya sudah 4 hari ini terlambat haid
    Terus kita cek pake TP tapi hasilnya satu strip naik satu lagi sedikit naik gmna itu yah mba hasilnya?

  12. Selamat pagi, saya menikah sejak 12 maret. Terakhir hari pertama mens bulan lalu tanggal 19 April. Lalu 16 Mei sore keluar flek dan darah agak cokelat gelap karena mendekati jadwal mens. Paginya 17 Mei hanya keluar flek sedikit dan seharian tidak ada darah, hanya malamnya keluar flek sedikit. Tapi saya iseng malam itu testpack, hasilnya garis 1 tebal 1 samar. Pagi saya tes ulang hasilnya sama. Apa itu sudah pertanda hamil dan perlu ke dokter ? Karena saya khawatir akan flek lagi.
    Terima kasih

  13. Slamat siang bun….
    Saya mau tanya. 19 Maret saya haid. 28 Maret menikah. Tadi pagi saya test pakai tespek karena nda haid, sering sakit perut dan sakit kepala. Hasilnya satu jelas satu lagi samar. Apakah saya hamil ya bun?
    Trimakasih

    • KApan berhubungannya bun ?
      Untuk proses kehamilan dari berhubungan badan sampai terbentuknya zigot / calon janin setidanya dibutuhkan waktu 10-14 hari.
      Jadi bila anda menikah 28 maret tidak mungkin tgl 29 anda hamil.
      Itu terlalu cepat.

    • Dok sya mu tnya
      Sya terakhir haid tgl 4 maret smpe skrang lom dpet
      Udah tespek hsil’y positif jelas banged,trus usg tranvaginal g keliatan da janin’y trus sya sruh tespek ulng & hsil’y negatif tlong penjelasan’y dok sys bingung bngd

      • Saat TP positif itu, belum ada janin yang terbentuk bun, jadi dicek juga blm kelihatan.
        Sekarang jika ditest apakah masih negatif ?

        Ulangi test setiap minggu untuk memastikannya bun.

  14. Malem mba, saya sudah telat 7 hari dan dari kmaren bdan saya panas perut mual n kepala pusing, saya tespek hasilnya 2 garis, 1 garis terang dan 1garis samar .apa itu termasuk positif ya mba

    • Jika 2 garis ada kemungkinan positif, namun masih belum sepenuhny positif,
      Untuk hasil yg akurat setidaknya lakukan TP Setelah telat minimal 10-14 hari.

      Kurang dari itu maka hasilnya kurang akurat.

  15. Permisi mba, saya mau bertanya. Saya menjalankan proses tp. Tetapi saya bingung karna hasilnya terdapat dua garis berjauhan, yang pertama di ujung paling atas dan yg kedua tepat di batas max pencelupan. Itu menandakan positif atau tidak ya ? Terimamasih sebelumnya.

  16. Salam mbak..minta pencerahannya dong..saya terakhir haid bulan Januari trus walaupun tidak merasakan tanda2 hamil,iseng2 TP kemarin dulu.eh hasilnya 2 garis Samar .tapi esoknya malah keluar darah.awalnya cuma flek Lama kelamaan darah lumayan banyak.tadi habis periksa ke bidan,di test urine tapi tidak terdeteksi,apakah mgkin krn urinenya terlalu bening?disarankan usg ke dokter.berhubung weekend sy harus nunggu 2 hari lagi.menurut mbak sy hamil apa tdk yah?makasih..maaf kepanjangan curhatnya

    • Jika garisnya ada 2 meski samar ada kemungkinan hamil bun.
      Sebabnya karena hormon hCG nya memang masih rendah.
      Untuk lebih jelasnya memang harus USG atau lakukan test darah yg lebih akurat =)

  17. Slmat siang..
    Dok terakhir saya datang bulan tanggal 20 bulan 2. tapii sampai sekarang saya belum jug datang bulan,,ini suda masuk bulan 4.
    Saya ragu apakah sy hamil at tidak,, soalnya saya biasanya memang suka telat datang bulan,,
    Pernah waktu itu telatnya suda masuk 2minggu tapai hasil tespeck saya negatif,,
    Boleh di jelaskan dok,, dan minta solusinya.
    Terimakasih

  18. Siang mbak,, saya mau tanya nih

    Hpht 18feb2017
    Tgl 31maret malam saya TP hasilny 2garis namun yg 1garisnya samar,
    Tgl 01april2017 pagi saya TP hasilny 2garis manun 1garisnya samar lagi..

    Nah, tgl 3april saya TP lagi tapi kok hasilnya negative ya mbak…?? Apa saya hamil atau enggak yaa…? Kalo salah dlm pemakaian TP biasanya gak mungki hasilny 2garis…jd bingung saya

    • Tp itu mendeteksi kadar hormon HCG anda.
      Jika hormonnya tinggi maka garisnya akan tebal.
      Jika rendah akan tipis/samar.

      Jika tidak terproduksi lagi, maka tidak akan ada garisnya.

      Coba lakukan lagi 7-10 hari kemudian.

      Jika garisnya tebal, maka bisa jadi anda hamil.
      Kalau tidak, berarti belum =)

  19. Saya mau tanya,saya sudah terlambat haid 28 hari,sudah berulang2 di tes hasilnya negatif,td pagi saya coba tes lg hasilnya dua garis tapi samar banget,garis pertama samar garis ke dua samar banget,setelah kering kurang lebih 10menitan saya lihat lagi malah garis yg samar banget hilang,knp bs begitu ya,saya ini sebenarnya hamil apa tidak,tanda2nya sih seperti org hamil mual,sakit kepala,sakit pinggang,serin BAK dan sembelit ,mohon di bantu terimakasih…

    • TP akan menunjukkan positif jika mendeteksi hormon hCG anda bun.
      JIka masih samar, artinya hormon ini masih blm terproduksi maksimal.

      Untuk lebih jelasnya, coba tunggu 7-10 hari kemudian lalu lakukan cek TP lagi untuk memastikan.
      Jika memang hamil, maka garisnya akan menjadi lebih tebal.

      Untuk tanda tanda hamil bisa anda baca disini : smartpromil.com/tanda-awal-kehamilan/

  20. Mau tanya, istri saya baru beres haid (10 hari) tetapi dia merasakan tanda2 kehamilan. Awalnya berfikiranya magh, kebetulan istri saya maghnya lumayan parah. Karna mengalami tanda2 itu, istri saya membeli TP dan hasilna positif. Apakah itu benar hamil ?, soalnya baru beres haid 3 hari sebelum menggunakan TP.

  21. Bun saya mau tanya, saya pernah beberapa kali melakukan TP hasil nya negtif, pada hasil TP yg pertama warna garis ny sangat jelas dan tebal , tapi terakhir saya TP kemarin hasil masih sama negatif namun garis pada hasil nya itu sangat samar tidak tebal seperti tes pertama , itu knp ya bun kalau seperti itu?

  22. Maaf bun mau tanya saya baru telat 2 hari.. Saya sudah tespeck tapi hasinya garis 2 samar yg satu jelas yg satu samar.. Dan saya sudah tes sebanyak 3 kali. Hasilnya 2kali tes 2 garis samar dan yang 1 kali tes hanya garis 1. Saya jd bingung apa saya hamil apa gak ya.

    • Pertama, anda terlalu cepat melakukan TP karena telat 2 hari itu blm akurat, bisa jadi masih dalam rentang siklus haid anda, apalagi bila sering maju atau mundur beberapa hari.
      Silakan lakukan TP minimal setelah telat 10 hari atau palign akurat setelah telat 2 minggu.

  23. Pagi bund, mau share nih..
    jadwal haid sy tidak teratur, haid bulan februari kemarin mulai tgl 3-9, nah bulan Maret ini sampai tgl 12 sy belum haid, iseng2 sy TP, hasilnya 2 garis, satu terang, satu samar mendekati terang, kemudian sy TP lagi tgl 14 hasilnya sama, nahh tgl 14 siangnya itu saya haid, kira2 kenapa ya bund?

  24. halo bun, saya mau tanya. kata nya klu sedang hamil itu tidak boleh dikeluarkan didalam yahh. tp saya blm tau pasti saya hamil atau tidak nya. karena saya juga blm telat datang bulan juga. saya ragu . tolong jelaskan ya bun.

    • Iya bun, sperma akan mengakibatkan kontraksi di rahim dan dapat membahayakan janin jika masih hamil muda.
      JAdi sebaiknya kalau memang sudah hamil atau ditengarai sedang hamil, jangan dikeluarkan didalam =)

      • bagaimana ya bun, apakah hasil menggunakan tespeck setelah berhubungan 3 hari itu sudah pasti. karena bulan kemarin saya haid 2x yaitu pada awal bulan dan pertengahan bulan. namun sampai saat ini saya blm haid juga. tolong solusinya ya bun

        • 3 hari setelah hubungan badan itu blm terjadi apa2 bun, jadi melakukan TP juga sia sia karena memang belum terjadi apa2.
          ini masih pertengahan bulan, jadi tunggu saja sampai akhir bulan coba bun.

  25. salam ya..saya mau nanya..bulan lps nya (febr) saya mnjalankn UPT dan hasilnya trg sih…dan utk kali kedua pada hari ini (13 mac) nya saya ngetest lagi pake alat UPT juga tapi kok garis kedua nya samar ya? wrna merah muda gt..knp bgitu ya kok makin samar?

    • Seperti sudah saya jelaskan bun, terang tidaknya hasil itu dipengaruhi oleh hormon hCG,
      Kalau hormon ini rendah maka akan samar.
      Kalau banyak, maka akan terang.

      Selama hasilnya tidak satu garis saja, itu bisa disebut positif =)

  26. Mba saya mau tanya, saya telat haid sudah 6 hari, sejak hari 1 telat saya tespek tp hasilnya samaaarrr bgt, dasarnya ga sabaran tiap hari saya tespek hahaha tp sampe hari ke 6 hasilnya sama :( samarrr bgt klo ga diliat di outdoor ga kliatan, tanda hamil sih saya rasain (ato saya yg kegeeran ya hahaha) mau ke dokter masih males, gmn ya enaknnya, galau mba

    • Maaf mba maksud saya samar, ada 2 garis yg 1 jelas yg 1 samarrrr bgt, bingung saya kan pernah saya baca artikel hcg akan meningkat setiap 3 hari, nah ini sampe hari ke 6 kok msh sama, saya takut hamil ektopik (luar rahim) yg katanya ciri2nya hcg rendah, saya mau ke dokter takut

      • Hamil ektopik itu tidak bisa hanya diketahui dari hCG rendah kok bun.
        Untuk lebih jelasnya memang harus ke dokter, karena kalau ada apa2, toh nantinya akan kejadian juga walau tidak periksa.

        JAdi periksa lebih dini lebih baik untuk pencegahan =)

    • Tunggu sampai setidaknya telat 10 hari bun, karena dibawah itu hasilnya tidak akan akurat.
      Jika sudah diatas 10 hari biasanya tandanya akan jelas apakah itu positif atau negatif.

      Coba lagi nanti bun setelah telat 10 hari – 14 hari.

  27. pagi dok,
    saya sudah menikah 2 tahun, bulan ini saya sudah telat 5 hari, kemarin saya TP hasilnya 2 garis tapi yg 1 samar cenderung jelas…tapi hari ini sy TP ko hasilnya 2 garis tapi yg 1 nya samar tipis….kenapa malah berkurang kesamarannya ya?(bukannya makin jelas)
    tapi PD saya masih nyeri terus ga hilang2…
    noted :
    menggunakan air seni bangun tidur….
    TP dengan merk sama…..

    • Untuk TP setidaknya dilakukan setelah telat 7 – 10 hari bun.
      Paling bagus hasilnya kalau telat 10 – 14 hari.

      Dibawah itu tidak akan jelas hasilnya karena kadar hCG nya yang masih rendah.

      Dan saya bukan dokter, jadi jangan panggil dok ya bun =)

  28. Pagi bund
    Saya mau tanya nih, haid saya tidak teratur, kemarin bulan nov-des saya tidak haid tapi saya TP negatif, bulan januari tgl 22 saya haid tpi ga terlalu bnyak, awal februari saya ke bidan lakukan konsultasi, bidan pijit perut saya, katanya ada negmbang tapi ngembang ini ga tau mau haid ga tau memang hamil.. terus saya di suruh TP hasil nya satu terang satu samar.. untuk bulan februari saya belum haid lagi.. barusan saya TP lagi hasil nya samaaar mendekati negatif
    Itu knpa ya bund??

    • Hasil TP sangat ditentukan oleh hormon hCG anda bun, dimana hormon ini memang hanya terproduksi saat hamil.
      Jika memang hasilnya 2 garis meski samar, ada peluang memang itu hamil hanya hormon hCG nya tidak terdeteksi.

      Untuk deteksi lebih akurat, silakan lakukan cek darah untuk cek kadar hormon hCG nya karena cek darah jauh lebih akurat dari pada TP.

  29. Assalamu’laikum…
    Mbak sya mau tanya nih.saya kan udah telat mens 10 hari.jadi sya iseng TP eh ternyata hasilnya udah 2 garis.tapi 1 garisnya tdak terlalu samar dan tdak terlalu terang,setelah itu saya kkeluar darah n ada yang keluar seperti perut ikan sebesar 1 jari tangan dan keram perut yang hebat,setelah mengeluar itu perut saya tdak sakit lagi tapi darah nya masih keluar sampai 7 hari.hari yg ke 2 saya TP lagi,eh ternyata garisnya 2 sama2 terang walaupun masih keluar darah.hari pertama. Keluar darah saya chek ke dokter dan dokter bilang belum kelihatn ap2 n nggak ada ap2 di rahim saya.nah hari ke 8 darah nya nggak keluar lagi.saya TP lagi garis nya tetap aja 2 tapi garis 1 garis nya tidak terlalu samar n tdak terlalu terang,udah 3x tes tatap kaya gitu.tapi ada pengaruh nggak mbak oleh darah yg keluar itu

    • Jika memang 2 garis artinya memang hamil bun.
      Hanya saat ini memang blm ada apa2, janin bahkan belum terbentuk jadi memang tidak akan terlihat apa2.

      Mengenai pendarahan, kemungkinan itu darah implantasi dimana sel telur anda sedang menempel ke dinding rahim, dan terkadang memang menyebabkan pendarahan.

      Coba tunggu beberapa hari dan tunggu sampai pendarahan berhenti bun.

      Jika masih mengalami pendarahan lebih dari 2 minggu, cek kembali ke dokter ya.

  30. Assalamualikum mb..sya mau tya
    Kan sya blum telat haid ni..dh mw mndrkati dgan tggal2 haid sih..tp dh bbrp hr bdan trsa mual trs gk enk gt..jd sya iseng TP hasil ny 2 gris tp stu ny smar hmpir2 ilang gitu..smpai 3x sya tes hsil ny ttap gtu..trs smlm sya TP lagi eh hsil ny segaris..apa krna TP yg trhir ini air seni mlm hari y..ini sya positif atw blum y mb..tks sblum ny

  31. Selamat pagi. Saya ingin bertanya..
    Saya sudah telat haid sebulan lebih. Seminggu yang lalu saya TP dengan merk Pregcy; hasilnya dua garis terang. Dan barusan saya cek kembali (setelah seminggu kemudian dari TP awal) pakai TP merk Ham-l test; hasilnya satu garis terang dan satu garis samar. Yang mau saya tanyakan, apakah merk TP bisa mempengaruhi tebal atau tipisnya garis? Karna mungkin seharusnya justru setelah seminggu kemudian pemeriksaan harusnya garis masih tetap tebal, atau bagaimana? Terimakasih..

    • Ada beberapa hal yang memang mempengaruhi hasil TP bun dan TP juga kan hanya produk buatan manusia, jadi tetap ada margin kesalahannya juga.
      Untuk lebih yakin lagi, bisa cek darah ke dokter karena cek darah jauh lebih akurat daripada TP =)

  32. Mlm mbak, aku mau tanya. Kmarin tgl 29 jan aku kluar flek dan perut kram hebat, dua smpai tiga hari gak trlalu sakit perut bawah sblah kiri tpi flek masih kluar. Hari kelima aku kumat lgi, perut kram lgi ttp flek msih kluar. Besok nya aku TP garis nya yg kdua samar. Aku cek k bidan utk USG tapi rahimnya kosong aku d ksih obat anti nyeri sma anti pendarahan eh besok nya malah kluar darah dan gumpalan mirip irisan daging gt sbesar satu bku jari. Dua hri haid agak byk dri situ smpai skrg ngeflek lagi. Itu aku emg haid atau knpa ya??? Aku blm cek ke dokter sih wlwpun harapan besar aku hamil hehehe

    • Kalau TP nya 2 garis ada kemungkinan hamil.
      Coba cek kembali setelah setidaknya jalan 7-10 hari lagi.

      Mengenai kram perut, itu efek dari pembersihan rahimnya bun.
      Kram adalah mekanisme tubuh membersihkan dinding rahim dari darah haid,

      Kalau sakit, itu karena memang ada masalah hormonal.

      Kalau memang sakit sekali dan ingin menghilangkan, gunakan herbal ini.

  33. Pagi mbaa ,
    Saya mau tanya siklus mens saya kan berantakan mba . Saya cenderung lupa untuk bln des dpt ditanggal brp di bln januari tgl 27 saya coba menggunakan TP hasilnya 2 garis kereng tapi di tgl 28 saya coba lg dgn TP berbeda hasilnya 2 garis tapi samar . Di tanggal 1 des saya mengeluarkan flek coklat bgtu jg di tanggal 2 mngeluarkan flek cokelat brikit dgn darah sedikit . Apa kemungkinan saya hamil mbaa ? Terimakasih

  34. Ass.. Dok saya mau bertanya nih..
    Tgl 25 januari kemarin kan saya Haid.. Tapi hanya 2 hari… Hari kedua itu semacam flek.. Harusnya tgl haid saya 31 ini dok..
    Lalu tadi pagi saya coba2 tes.. Soalnya 3 hari ini saya merasa kurang sehat.. Dan hasilnya 2 garis, tapi satunya samar garisnya.. Apa saya ada kemungkinn hamil dok? Trims

  35. Sore kak.
    Saya udah telat 24 hari , udah 3 kali tespek hasilnya negatif. Pernah keluar flek coklat banget selama 3 hari. Apa saya harus ganti merk tespek kak ? 2 bulan yg lalu sy menjalani Hsg hasilnya semua bagus. Setelah di Hsg , haid normal. Tp ini udah telat 3mingguan lebih

    • Biasanya siklus haidnya berapa hari bun jaraknya dari bulan sebelumnya?
      Kalau memang dicurigai TP nya rusak, bisa diganti saja.

      Kalau hasilnya sama setelah pakai TP merek lain, maka hasilnya sudah akurat.

      APa suami sudah cek sperma juga?

      • Saya juga baru telat 4 hari sih bund.. dan sudah 2x tp dengan tp yang berbeda, dan hasilnya 1 garis nyata dan satu garis samar. saya blm yakin, mengingat siklus haid memang sering telat. apa kemungkinan saya hamil yah?

  36. Sore mba. Saya sudah tidak menstruasi sejak bulan november. Tp hari ini saya cek menggunakan TP hasilnya 2 garis tetapi dua2nya samar. Bukan cuma 1. Apakah itu kesalahan dari testpacknya? Dan apakah ada kemungkinan saya sedang hamil? Terimakasih mba :)

    • Kemungkinan ada bun.
      Jika hasilnya meragukan, coba lakukan test ulang sebanyak 2x dan lihat hasilnya dari ke 3 hasil tadi.

      Jika sama, maka bisa jadi anda memang hamil =)

      Kalau berbeda2, bisa jadi TP nya yang rusak.

  37. Hai moms.salam kenal dari saya…

    Mau tanya.
    Hpht saya tgl 1des…siklus haid saya antara 30-32hari…
    Sampe sekarang blm haid..
    Waktu tgl 3jan saya tespek 2garis tapi 1samaarrrr banget..

    10hari kemudian TP lagi pagi menjelang siang..hasilnya sama.samar bangetttt…
    Saya pikir karna bukan air seni pagi ya.saya ulang TP lagi paginya.ehhh hasilnya sama…
    Apa ada kemungkinan hamil ya moms?
    Trus…apa kasus seperti say ini wajar atau tidak?

    Sebelumnya terima kasih…

    • Iya, kadang memang ada kasus seperti ini bun, dimana hormon hCG nya terdeteksi tapi sangat minim, hingga hanya terlihat samar saja.

      Jika memang sudah berkali2 diTP tetap samar bun, coba cek dengan metode cek darah, karena jauh lebih akurat dari TP.
      Silakan hubungi dokter anda untuk membantu melakukannya =)

  38. Pagi Bu..
    Saya mau tanya soalnya awam banget awal kehamilan .
    Kan Saha haid terakhir tgl 21 November , Desember saya tidak haid sampe sekarang Januari , telat saya udh 10 hari trs saya coba tespeck hasilnya 2 garis satu pekat satu samar tp Ga samar banget sih , cuma saya Ga ngerasain mual , pusing dikit sih sama pegel pegel aja..
    Itu gmna dok kemungkinan saya hamil Ga ?

    • JIka ada 2 garis artinya positif bun, karena artinya hormon hCG nya terdeteksi.
      Mengenai tanda hamil, bervariasi pada beberapa wanita bun, ada yang mual, mual banget, bahkan ada yang tidak meraskan apa2.

      Jadi tanda kehamilan itu tergantung hormon masing2 bun, dan tidak sama pada setiap orang =)

  39. Selamat siank dok saya mau tanya..saya kemaren sudah telat haid 7 hari dan saya langsung melakukan test kehamilan hasilnya dua garis tetapi garis yg satunya samar..setelah saya melakukan test kehamilan saya langsung haid..itu kenapa ya donk mohon penjelasannya terima kasih

  40. Malam fdokter
    Saya mau tanya

    Istri saya habis vacum
    Skrg udh 8 minggu

    Nah dr abis vacum usgn nggk ada di rahimnya kosong
    Coba tespek smp hari ini dicoba lg, tp garis nya samar yg satu
    Itu penyebabnya apa ya dokter?

    Mohon pencerahannya

    • Malam,

      Penyebab testpack samar itu karena hormon hCG nya belum banyak dan belum terdeteksi pak. Bisa jadi banyak hal, diantaranya terlalu cepat TP, kualitas TP nya, dan waktu ambil sampel air seninya.

      Coba di TP kembali dalam 5-7 hari kemudian.

      Oiya, saya bukan dokter, jadi jangan panggil dokter =)

  41. Saya hamil 3 bulan mba.. baru tau hamil pas udh dkt 2 bulan karena hasil tespack jelas bgt 2 gris tebal.. td iseng tespack lg loh ko hasilnya jadi samar ya trus air seni sya td jernih bgt kayak air putih biasa..kenapa y mba

    • Halo bun.

      Sama seperti saya dulu, baru tahu hamil sudah masuk 3 bulan =)
      TP itu gunanya untuk mengecheck kadar HCG dalam urin bun.

      HCG ini memang tinggi saat awal kehamilan, tapi bisa jadi akan naik turun begitu setelahnya.

      Jadi begitu sudah positif, silakan lakukan check ke doktr untuk memastikan lagi bun, biar tidak jadi pikiran =)

      TP itu akurat, jadi kalau hasilnya positif, kemungkinan besar juga positif ;)

      Oiya, saya bukan dokter, jadi jangan panggil DOK =)

  42. Malam…
    Saya mau tanya, saya memiliki siklus mens antara 28 – 30 hari. Terakhir saya mens itu tgl 14 Okt, tapi sampai hari ini saya belum juga mens. Waktu telat 3 hari, saya coba lakukan TP, hasilnya negatif. Lalu tadi pagi saat bangun tidur, sudah telat 7 hari saya coba TP lagi. Hasilnya 2 garis, tapi garis yg satunya samaaaaaarrrrrrr sekali. Itu, adakah kemungkinan hamil? Terima kasih..

  43. Dokter saya mau crita
    Tgl 8/7 thn ini saya melahirkan
    nifas saya 30hr sudah bersih
    Tp saya tidak memberi ASI
    Tgl 1/10 saya belum dtng haid pertama pasca melahirkan
    Lalu saya ke RS dan di USG
    Kata dokternya saya sedang keadaan masa subur
    Di tanya kapan terakhir saya bergaul dgn suami sy bilang td mlm sblm tgl 1/10
    Lalu dokter nya kemungkinan bisa hamil dia meresep kan folavit dan dokternya bilang paling cepet tespek tgl 15/10 sudah bisa keliatan hasilnya

    Tgl 6/10 saya keluar darah selama 2 hari tiap pagi doang(mungkin ga darah implantasi?)
    tgl 15/10 saya tespek negatif
    tgl 22/10 tespek lg 2 garis tipis bgt harus di liat kena sinar matahari
    Seminggu kemudian saya pikir sudah semakin jelas soalnya kan perkiraan dokter bisa di tespek tgl 15
    Tgl 29/10 hasilnya sama 2 garis tp samaaaaaar bgt
    (Pdhl udah tes berkali kali dgn tp yg berbeda hasilnya sama samaaar bgt semuanya)
    Pertanyaan saya
    Apakah saya hamil?
    jika benar hamil bagaimana saya menghitung usia kehamilan saya?
    Karna saya tidak tahu kpn HPHT saya.
    Usja berapa minggu kantong rahim mulai keliatan saat USG?

    • Salam bun =)

      Pertama, saya bukan dokter, jadi jangan panggil DOK =)

      Kedua :

      Sebenarnya ASI adalah metode KB alami, jadi saat anda tidak memberikan Asi kepada si bayi, maka tubuh anda akan cepat memasuki masa subur.

      Dan seperti kata dokter, bila anda memang telah memasuki masa subur, ada kemungkinan anda bisa hamil lagi.

      Sperma butuh waktu 3-5 hari mencapai sel telur, dan sel telur yang telah dibuahi membutuhkan waktu yang sama untuk mencapai rahim, jadi bisa jadi itu memang darah implantasi.

      Mengenai testpacknya, jika memang hasilnya adalah 2 garis meski samar, kemungkinan besar memang positif hamil bun =)

      Memang ada kasus dimana hormon HCG yang dihasilkan kurang banyak sehingga tidak terbaca di testpack.

      Untuk itu, coba lakukan TP terus setiap minggu sekali untuk mentrack progressnya.

      Mengenai HPHT sulit ditentukan dengan kadar HCG yang masih rendah bun.

      Ada baiknya HPHT nanti dicek setelah memang positif hamil, lewat USG.

      Demikian bun jawabannya ? =)

  44. Bermanfaat banget dok, mau nanya nih dok ko aku masih ragu ya :( soalnya abis keguguran nah saya mens awal lagi pada tgl 3 september terus tgl 21 september pun mens lagi. Pas saya cek karena ngerasa payudara ga karuan saya testpack tgl 14 oktober hasilnya samar. Apa saya hamil apa gimana dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What is 5 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)