Bersama Yunita Septiana (Penulis)
Praktisi dan Pengamat Kesehatan, kesuburan dan program hamil Wanita.

Mengenal Pemeriksaan Pap Smear Untuk Kanker Servik

Pemeriksaan Pap Smear, adalah pemeriksaan yang dilakukan sebagai sarana “deteksi dini” resiko penyerangan kanker servik pada bunda dan merupakan test yang wajib dilakukan sebelum melakukan program kehamilan.

Kanker serviks, disebabkan oleh virus HPV yang menyerang leher rahim dan mulut rahim.

Pemeriksaan ini wajib dilakukan pada wanita yang telah aktif secara seksual dan telah melakukan kontak seksual dengan lawan jenis.

Pemeriksaan Pap Smear

SYARAT MELAKUKAN PEMERIKSAAN PAP SMEAR

Apabila bunda berencana melakukan Pemeriksaan Pap Smear sehingga hasil yang dihasilkan akurat, sebaiknya bunda menghindari beberapa hal sebagai berikut:
  • Lakukan Pemeriksaan Pap Smear ketika anda Tidak sedang haid atau ada perdarahan. Lakukan Pemeriksaan Jika tiga hari sesudah haid selesai atau lakukan pada masa subur.
  • Tidak boleh berhubungan seksual, minimal tiga hari (3×24 jam).
  • Tidak boleh memakai douch, cairan pembersih vagin atau antiseptik sejenisnya yang dimasukkan ke dalam vagina (Namun untuk membersihkan daerah bagian luar vagina masih diperbolehkan).
  • Tidak sedang hamil. Lakukan Pemeriksaan papsmear sebaiknya dilakukan dua atau tiga bulan setelah melahirkan, atau ketika darah nifas sudah bersih.

YANG MELAKUKAN PEMERIKSAAN

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter ahli kandungan dirumah sakit langganan bunda. Apabila bunda ingin melakukan pemeriksaan ini pada diri bunda, silakan melakukan pendaftaran dan janji temu untuk melakukannya.

PROSES PEMERIKSAAN

Pemeriksaan Pap Smear ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir pada mulut rahim menggunakan alat.

Alat yang dinamakan dengan “Speculum” ini, akan dimasukkan kedalam miss V bunda, lalu dengan ujungnya akan mengambil sampel lendir yang ada pada servik.

Pemeriksaan Pap Smear

Sample ini, akan kemudian dikirim ke laboratorium untuk dites dan diperiksa, apakah cairan servik bunda mengandung virus HPV atau tidak.

Umumnya, proses dari laboratorium ini akan memakan waktu 3 – 7 hari.

Dari hasil pemeriksaan diketahui apakah sel-sel leher rahim normal atau sudah menunjukkan tanda-tanda tidak normal (gejala awal kanker serviks)

BIAYA PEMERIKSAAN PAP SMEAR

Pap smear bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan bidan terlatih, baik di puskesmas sampai rumah sakit besar.

Mengenai harga sangat bervariasi, jika dilakukan di puskesmas atau rumah sakit yang mendapatkan subsidi dari pemerintah biaya berkisar Rp 50.000 – Rp75.000.

Namun apabila bunda melakukannya di tempat praktek Dokter Kandungan (S.Pog) Biaya Pap Smear mencapai Rp 300.000 – Rp 350.000

Meski Pap smear hanya metoda skrining yang fungsinya untuk pencegahan Kanker Serviks, namun metode ini mampu mendeteksi lebih dari 90 % kanker leher rahim tahap awal yang masih mungkin untuk disembuhkan :)

Jadi kalau anda belum pernah melakukan pemeriksaan ini, segera periksakan ya bun, terutama bila anda berencana melakukan program kehamilan.

Karena lebih baik mencegah, daripada mengobati.

Nha, siap melakukan Pap Smear bun ? =)




Bedah Buku Tips Hamil Maksimal
Pengen tahu seperti apa isi buku panduan yang telah membantu banyak bunda untuk hamil ini bun ?
Klik disini, saya tunjukkan seperti apa isinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 4 + 6 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)