Mengenal Masa Subur Atau Jendela Kesuburan

Masa subur atau jendela kesuburan, merupakan periode 6 hari dimana seorang wanita dapat hamil jika melakukan hubungan seksual.

Jendela kesuburan ini menentukan survivabilitas sperma atau daya hidup sperma selama 5 hari, dan selama 24 jam usia sel telur setelah dilepaskan.

Setelah ovulasi, sel telur hanya dapat bertahan maksimal selama 24 jam.

Penelitian menunjukan bahwa kualitas sel telur akan menurun secara cepat, menyebabkan peluang kehamilan akan menurun setiap jam setelah sel telur dilepaskan.

Karena itu, untuk peluang kehamilan terbaik, sperma harus berada didalam saluran tuba falopi sebelum sel telur dilepaskan, yang artinya masa paling subur wanita pada siklusnya berada pada sebelum ovulasi terjadi, atau pada hari ovulasi itu terjadi.

Siklus subur alami umumnya memiliki panjang 6 hari — dimana itu merupakan perkiraan terpanjang terlepas dari berapa hari siklus haid anda.

Tubuh sudah secara otomatis memperhitungkan variasi dari masa subur wanita setiap bulan, untuk memastikan masa subur datang sebelum haid.

Inilah mengapa pada masa subur yang umumnya sepanjang 6 hari, jarang sekali berada di tanggal yang sama setiap bulan.

Masa subur 6 hari sudah cukup jika sperma berada pada lingkungan yang tepat pada missV, rahim dan saluran tuba falopi untuk terjadinya kehamilan.

Agar sperma bisa lebih lama bertahan didalam organ reproduksi wanita, dibutuhkan lendir servik yang subur.

Lendir ini hanya ada di masa subur dan dapat dijadikan tanda akan datangnya masa subur dengan metode lendir servik.

Tanpa lendir servik, sperma akan secara perlahan tapi pasti MATI.

Lendir servik akan membantu sperma berenang menuju servik, melewati rahim dan akhirnya sampai di saluran tuba falopi, dengan catatan kualitas sel spermanya sehat dan berkualitas.

Karena kualitas dan kesehatan sperma, akan sangat mempengaruhi kemampuan sperma mencapai sel telur dan mempengaruhi peluang terjadinya kehamilan.

Begitu sperma telah mencapai saluran tuba falopi, sperma dapat bertahan hidup disana selama 5 hari, menunggu datangnya sel telur.

Gaya hidup sehat dan jenis makanan tertentu dapat membantu menjaga kualitas dan kesehatan sperma.

Dan terlepas dari apakah lendir servik anda subur atau tidak, siklus alami kesuburan wanita atau jendela subur adalah sepanjang 6 hari saja.

https://help.naturalcycles.com/hc/en-us/articles/360003333814-The-fertile-days-fertile-window-

[[Review Buku Tips Hamil dr Rosdiana Ramli SpOG]]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *