Sperma Encer Bukan Berarti Tidak Subur

image: katjuju.com

Kental tidaknya cairan sperma banyak digunakan sebagai cara untuk megnetahui apakah kualitas sperma dalam keadaan baik atau tidak.

Sayangnya hal ini sama sekali tidak akurat.

Banyak orang ( pria maupun wanita ) yang mengira bahwa cairan sperma yang encer menandakan kalau spermanya tidak sehat atau kurang berkualitas.

Namun, sebenarnya kekentalan air mani bukan cara yang baik untuk melihat apakah seseorang memiliki kualitas sperma yang baik atau tidak.

FAKTA TENTANG SPERMA ENCER

Penyebab cairan sperma encer ada banyak dan bermacam-macam..

Faktanya, cairan sperma yang encer masih dapat membuat pasangan dan membuatnya hamil, selama kualitas sel sperma didalamnya masih baik.

Dan untuk melihat kualitas sel sperma ini, tidak bisa dilakukan dengan pengamatan secara visual dengan mata telanjang, karena sel sperma berukuran amat sangat kecil.

Jadi yang perlu dipaham disini adalah, yang memberi andil dalam terjadinya kehamilan adalah “sel sperma” nya, dan BUKAN cairan sperma itu sendiri.

Untuk mengetahui kualitas sel sperma yang sebenarnya, hanya bisa dilakukan di lab dibawah mikroskop.

HANYA BUTUH 1 SEL SPERMA UNTUK TERJADI KEHAMILAN

Cairan sperma yang encer, memang akan mengganggu dan menurunkan peluang kehamilan HANYA jika kualitas sel sperma didalamnya rendah.

Misalnya seperti kasus oligospermia, dimana kandungan sel sperma di setiap ml nya dibawah ambang batas normal ( dibawah 20 juta ekor sel sperma ).

Akan tetapi, jika sel spermanya masih sangat sehat, dapat berenang dengan baik, dan berkualitas bagus, seorang penderita oligospermia pun, masih memiliki peluang menghamili pasangannya.

Umumnya, penderita oligospermia yang tidak dapat menghamili pasangannya, adalah saat kualitas spermanya memiliki banyak kekurangan disamping kurangnya jumlah

Seperti misalnya, bentuk sel spermanya tidak wajar ( teratospermia ), sel sperma tidak dapat berenang dengan baik ( asthenospermia ), atau gabungan diantaranya.

Jika kesemuanya sehat, setidaknya akan ada ribuan sel sperma yang akan mencapai sel telur, dan hanya butuh SATU saja yang dapat menembus dan membuahi sel telur untuk terjadi kehamilan.

Hanya 1 sel sperma yang berhasil menembus sel telur untuk terjadi kehamilan

MENGAPA CAIRAN SPERMA YANG KENTAL ITU BAIK

Cairan sperma yang kental memang baik, tapi baiknya BUKAN karena itu menandakan kualitas spermanya baik.

Air mani yang normal memang biasanya terlihat kental dan lengket seperti gel.

Kekentalan dan kelengketan ini dimaksudkan agar air mani dapat menempel di dinding miss v dan tinggal lebih lama dalam area genital wanita sehingga meningkatkan peluang sperma untuk membuahi sel telur.

Kekentalan cairan sperma juga dapat menandakan air mani yang dikeluarkan mengandung sel sperma yang cukup banyak.

Jadi, memang cairan sperma yang encernya konsisten ( terjadi terus menerus ), bisa menjadi penanda bahwa pria tersebut mungkin sedang menderita oligospermia.

CARA MENJAGA AGAR CAIRAN SPERMA TETAP KENTAL

Cairan sperma, terdiri dari banyak komposisi dan semua produksinya bisa dijaga dan diatur lewat pola makan yang sesuai.

Seperti misalnya, untuk memproduksi cairan sperma ( cairan semen ) yang kental dan banyak, tubuh membutuhkan mineral zinc dan hormon testosteron.

Bila kedua hal ini tercukupi didalam tubuh, produksi cairan spermanya akan tetap optimal, dan cairan sperma akan senantiasa kental.

Memang ada beberapa hal lain yang menyebabkan cairan sperma encer.

Tapi jika tidak memiliki masalah tersebut, dan suplai zinc serta kadar testosteron didalam tubuh tetap terjaga, tubuh akan memproduksi cairan sperma yang kental dan melimpah.

Dengan cara tertentu, anda bisa mengentalkan cairan sperma ini hanya dalam beberapa hari.

KESIMPULANNYA

Cairan sperma yang encer tidak selalu berarti kualitas spermanya tidak bagus, kecuali jika memang sering terjadi dan berturut-turut secara konstant.

JIka hanya terjadi sesekali saja lalu kental kembali, bisa jadi tubuh memang sedang memproduksi cairan spermanya tidak secepat pengeluarannya ( misal karena sering berhubungan ).

Tapi jika lama tidak berhubungan, dan cairan spermanya tetap encer, bisa jadi memang orang yang bersangkutan sedang menderita oligospermia.

Untungnya, oligospermia adalah masalah sperma yang belum terlalu parah dan masih dapat diatasi dengan pengobatan modern.

Terdapat suplemen khusus yang diformulasikan untuk masalah oligospermia seperti ini.

Jika memang pasangan anda menderita oligospermia atau cairan spermanya encer, segera lakukan terapi pengobatan yang sesuai agar kualitas spermanya kembali normal dan promil kembali ke jalur yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *